28.2 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Ada Posko Aduan THR di Kolaka Utara Kalau Perusahaan Tidak Memberikan

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka Utara telah mendirikan posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) di kantornya. Langkah ini dilakukan guna memberikan solusi bagi karyawan yang belum menerima THR dari perusahaannya.

Seperti yang diketahui, pemberian THR merupakan kewajiban perusahaan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan kepada karyawannya. THR yang diberikan minimal sebesar satu bulan gaji dan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

“Kewajiban perusahaan melakukan pembayaran THR tercantum dalam Permenaker nomor 6 tahun 2016 tentang tunjangan hari raya keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan,” ujar Andi Chairul Ihsan, SH, Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka Utara.

Dengan didirikannya posko pengaduan THR, karyawan yang belum menerima tunjangan hari raya dari perusahaannya dapat mengadu langsung ke kantor Disnaker. Disnaker akan segera melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan memastikan karyawan menerima haknya.

“Perhitungan upah 1 bulan bagi pekerja atau buruh yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja harian lepas, memiliki atau mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan, masa kerja kurang dari 12 bulan upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja, bagi pekerja atau buruh yang upahnya ditetapkan berdasarkan satuan hasil maka upah 1 bulan dihitung berdasarkan upah rata-rata 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan, “Jelasnya.

Diharapkan dengan adanya posko pengaduan THR ini, semua perusahaan dapat memenuhi kewajibannya dalam memberikan THR kepada karyawan dan mencegah adanya perusahaan yang tidak menunaikan kewajibannya. Selain itu, hal ini juga memberikan perlindungan hukum bagi karyawan yang belum menerima haknya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img