Dokumen Amdal Pembangunan Bandara Kolaka Utara Rampung

Tahapan-tahapan pembangunan bandara udara di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus berlanjut. Dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) telah dikantongi dan tinggal finalisasi dan dirapatkan pada 14 Januari 2021 mendatang oleh 16 tim penilai dari pemprov.

Kepala Dinas Perhubungan Kolaka Utara, Ir. Junus menjelaskan jika amdal tersebut sebelumnya memanglah belum sepenuhnya rampung. Hal itu terkait data nelayan maupun petani tambak yang belum termaktub di dalamnya. “Soal data itu sudah kami selesaikan. Jadi tidak ada masaalah lagi soal amdal ini,”ujarnya

Sesuai tahapan, rapat oleh tim tim penilai berlangsung sebanyak tiga kali dan dua kali sudah dilakukan. Rapat ketiga itu lah terkait finalisasi yang bakal digelar 14 Januari mendatang. “Rapat ini untuk mengoreksi setiap kekurangan dokumen yang ada. Saat ini saya pastikan semua sudah terpenuhi kelengkapannya dan difinalkan,” ucapnya.

Tim penilai amdal tersebut terdiri dari 16 orang dalam satu tim kerja. Jika karena bukan persoalan padatnya antrian di DLH Sultra dan pembatasan soal protokol, bisa dipastikan sudah terlepas dari persoalan amdal tersebut. “Kami pikir ini bukan masalah lagi. Tinggal kesempatannya tim penilai saja yang ditunggi melakukan rapat saja karena secara kelengkapan sudah terpenuhi semua,” ungkapnya.

Di lapangan, lahan bandara telah digarap pengerjaannya. Hal itu boleh dilakukan sembari menanti Amdal dituntaskan. Lagi pula, aktifitas di lokasi dijamin tidak bakal menimbulkan dampak lingkungan karena masih sebatas proses pematangan. “Belum berdampak kalau sebatas pematangan terkecuali sudah memasuki tahap pengerjaan utama. Kalaupun melangkah ke tahap itu, dipastikan amdal ini sudah selesai sebelum itu dimulai,”pungkasnya.

Komentar