Dukcapil Kolaka Utara Raih Penghargaan Paling Inovatif dari Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyerahkan langsung penghargaan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara, sebagai Dukcapil Paling Inovatif pada Senin (15/11/2021) di Kabupaten Wakatobi.

Dijelaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara Drs.Buhari bahwa penghargaan yang diberikan sebagai apresiasi atas kinerja terbaik, dedikasi yang tinggi, komitmen yang kuat dan konsisten dalam mengemban dan menjalankan tugas memberikan pelayanan Administrasi kependudukan tahun 2021.

“Penghargaan ini di Kabupaten Wakatobi dan diserahkan langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrullah, SH, MH. Pak Dirjen juga berpesan pada kami saat penyerahan bahwa inovasinya dilanjutkan dan teruslah berkarya”Katanya.

Diapun menambahkan bahwa pertimbangan lain, sehingga diberikan penghargaan Kategori Dukcapil Paling Inovatif karena sudah dua kali tampil dievent nasional lingkup Dukcapil Kemendagri RI. Yang pertama pada tanggal 5 Maret 2021 di TVDesa acara Ngopi Bareng Dukcapil dengan judul inovasi Layanan Antar Dokumen Adminduk Ke rumah (Si Laku) dengan gratis kerjasama dengan Kurir.

“Kedua adalah tanggal 12 November 2021 diapresiasi sebagai Nara Sumber acara Rakernas Dukcapil Kemendagri RI topik Dukcapil Belajar dengan judul inovasi Si LAKU O2T : Dari La Cedoka di Kantor Desa Hingga La Kurir Anda Ke Rumah. Yakni inovasi Layanan Cetak Dokumen Adminduk di Kantor Desa dan Layanan Kurir Antar Dokumen Adminduk Ke Rumah dengan Gratis, biaya ditanggung oleh Pemda, APBD Kabupaten Kolaka Utara”Katanya.

Diapun menambahkan bahwa inovasi tersebut sangat penting untuk memberikan layanan yang mudah dan gratis bagi masyarakat, disamping itu ada efek pemberdayaan pelaku ekonomi kerakyatan karena bekerja sama dengan kurir.

“Pemberdayaan lainnya ada pemberdayaan perangkat desa sebagai admin desa yang mengurus dokumen Adminduk masyarakat di kantor desa sehingga masyarakat yg akan mengurus dokumennya tidak perlu jauh ke Kantor Dukcapil, cukup dari rumah atau paling jauh ke kantor desanya”Katanya.

Diapun memberikan Ucapan terimakasih kepada orang Bupati Kolaka Utara beserta lembaga legislatif karena berkat support yang luar biasa sehingga Dukcapil Kolaka Utara bisa seperti saat ini dan meraih penghargaan. “Terima kasih kepada Bapak Bupati Kolaka Utara dan DPRD Kabupaten Kolaka Utara atas dukungan dan perhatiaannya sehingga inovasi ini berkelanjutan”Tandasnya. [L]

Komentar