24.7 C
Kendari
Sabtu, 2 Desember 2023

Evaluasi Kinerja Triwulan Ke-3 Pejabat Bupati Kolaka Utara Dapat Nilai Sangat Memuaskan

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia memberikan apresiasi dengan nilai sangat memuaskan terhadap capaian kinerja triwulan III Pejabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut), Parinringi SE.

Inspektur Khusus Kemendagri RI, Teguh Narutomo, mengatakan bahwa capaian kinerja triwulan ke-3 ini patut mendapatkan apresiasi, karena pencapaian tersebut sangat memuaskan dan perlu dipertahankan untuk triwulan berikutnya.

“Capaian untuk triwulan ke-3 ini lebih baik dibandingkan dengan triwulan ke-2. Oleh karena itu, peningkatan ini pantas mendapatkan apresiasi,” kata Teguh Narutomo saat memimpin Rapat Penilaian Penjabat Kepala Daerah triwulan ke-3 di Gedung Inspektorat Jenderal Kemendagri pada Senin (15/5).

Menurut Teguh, penilaian dilakukan terhadap tiga aspek, yaitu aspek pemerintahan, aspek pembangunan, dan aspek kemasyarakatan, sesuai dengan instruksi presiden mengenai delapan poin untuk mengendalikan inflasi, menurunkan angka kemiskinan ekstrim, dan memperhatikan investasi.

“APBD harus digunakan untuk membeli produk dalam negeri, kabupaten harus merancang kotanya dengan lebih baik, menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam rangka menuju pemilu, serta menjamin kebebasan beragama. Ini adalah instruksi presiden, dan Kolut telah berhasil melaksanakan amanah tersebut dengan baik,” katanya.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Inspektur Wilayah 2 Direktorat Jenderal Kemendagri A. Damante. Menurutnya, apa yang telah disampaikan oleh pejabat bupati dengan pencapaian yang luar biasa harus terus dikembangkan.

“Pencapaian ini terus meningkat baik dalam aspek pemerintahan, aspek pembangunan, maupun aspek kemasyarakatan. Hal ini harus terus ditingkatkan agar kesejahteraan masyarakat dapat terjamin dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kolut, Parinringi, yang didampingi oleh sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mengungkapkan bahwa anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2023 sebesar Rp. 954.952.623.198 miliar, dengan alokasi kesehatan sebesar Rp. 170.484.144.282 miliar.

“Untuk menurunkan angka stunting sesuai dengan instruksi presiden, Pemda Kolut mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 27.127.210.500 miliar yang terdistribusi ke 9 OPD yang terkait langsung dengan program penurunan stunting,” ujar Parinringi.

“Ibu kota mengalokasikan anggaran untuk fungsi pendidikan sebesar Rp. 217.357.029.752 miliar atau setara dengan 22,76% dari total anggaran,” tambah Parinringi.

Parinringi menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya dalam melaksanakan instruksi presiden dan memperhatikan tiga aspek yang telah ditetapkan. Tujuan utama adalah menurunkan angka kemiskinan ekstrim hingga mencapai titik terendah pada tahun 2024, memaksimalkan potensi daerah, dan menjaga kebebasan beragama agar tidak ada kesenjangan antara konstitusi dan kesepakatan yang telah dicapai.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Melepas Rombongan Dinas Kesehatan Menuju Kota Bandung untuk Belajar Penerapan RME

Jumat (1/12) bertempat di kantor Dinas Kesehatan Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, melepas rombongan dari Dinas...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img