29.6 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Fraksi DPRD Kabupaten Kolaka Utara Sampaikan Catatan terhadap Rancangan APBD Tahun 2024

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kolaka Utara yang dipimpin oleh Wakil Ketua Satu, Hj. Ulfah Haeruddin, ST, Kamis (14/9) sebanyak enam fraksi DPRD menyampaikan catatan dan saran terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk tahun 2024. Setiap fraksi mengemukakan pandangannya masing-masing, dengan fokus pada berbagai aspek pembangunan daerah.

Fraksi PKB memperingatkan dampak beban Pilakada 2024 terhadap APBD dan mendorong kerjasama yang lebih kuat antara eksekutif dan legislatif untuk memastikan alokasi anggaran dari pemerintah pusat sampai ke Kabupaten Kolaka Utara.

Fraksi Demokrat mengharapkan penggunaan anggaran yang efisien, dengan penekanan pada perbaikan infrastruktur jalan, pembangunan jembatan, dan dukungan untuk sektor pertanian serta pengawasan distribusi pupuk bersubsidi.

Fraksi Bulan Bintang menekankan pentingnya perencanaan yang realistis dan objektif, serta menyoroti potensi dari perusahaan tambang dalam meningkatkan pendapatan daerah.

Fraksi Persatuan Pembangunan menginginkan peningkatan kapasitas imam desa dan perbaikan infrastruktur jalan, sambil mendukung pembangunan jembatan di Desa Lawaki.

Fraksi Karya Indonesia Raya memfokuskan perhatiannya pada isu-abrasi pantai dan pembangunan smelter, serta mengharapkan progres pembangunan berjalan lancar.

Terakhir, Pejabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, M.SP, MA, merespons pandangan dari fraksi-fraksi tersebut, mengakui pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dan legislatif dalam pembangunan daerah. Beliau juga menjawab berbagai pertanyaan dan saran yang diajukan oleh fraksi-fraksi dengan harapan agar APBD 2024 dapat mengakomodasi kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kolaka Utara dengan baik.

“Terkait dengan pemandangan umum yang disampaikan oleh berbagai fraksi DPRD Kolaka Utara terkait Rancangan APBD Tahun 2024, kami sebagai Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara ingin menyampaikan apresiasi dan tanggapan terhadap berbagai catatan dan saran yang telah diungkapkan. Terlebih dahulu, kami ingin mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh semua fraksi terhadap penugasan kami sebagai Penjabat (PJ) Bupati Kolaka Utara. Kami sangat berharap doa dan dukungan dari semua pihak agar kami dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara,”Katanya.

Selanjutnya, dia mengucapkan terima kasih atas penerimaan Rancangan APBD Tahun 2024 untuk dibahas lebih lanjut. “Kami Sangat menghargai partisipasi aktif dari DPRD dalam proses penyusunan anggaran, yang merupakan langkah penting dalam menjaga transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan pembangunan di daerah kita,” Katanya.

Adapun tanggapan kami terhadap catatan masing-masing fraksi sebagai berikut:

FRAKSI DEMOKRAT Kami sepenuhnya setuju dengan harapan fraksi Demokrat agar anggaran yang diajukan dalam APBD benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kami menganggap kerja sama yang erat antara eksekutif dan legislatif sangat penting dalam menjalankan pengawasan dan pengelolaan keuangan daerah. Mengenai usulan pengaspalan jalan dan perbaikan jembatan, kami akan berupaya untuk mengakomodirnya dalam anggaran, sesuai dengan ketersediaan dana yang ada. Kami juga sepakat bahwa sektor perkebunan, pertanian, dan peternakan harus mendapatkan perhatian khusus, dan kami akan berusaha untuk mengalokasikan anggaran yang lebih besar bagi sektor-sektor tersebut.

FRAKSI KEBANGKITAN BANGSA Terima kasih kepada Fraksi Kebangkitan Bangsa atas saran-sarannya yang konstruktif. Kami setuju bahwa pencapaian dalam kerangka pembangunan tahun 2024 harus realistis dan berdasarkan evaluasi kinerja tahun sebelumnya serta usulan Musrembang. Kami juga akan memperhatikan potensi perusahaan tambang dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah. Selain itu, kami akan melakukan pendataan yang lebih baik terkait sektor investasi lainnya di wilayah Kolaka Utara.

FRAKSI PERSATUAN PEMBANGUNAN Terkait dengan permintaan Fraksi Persatuan Pembangunan mengenai penerbitan Surat Keputusan (SK) imam desa secara kolektif, kami akan menugaskan OPD terkait untuk mengkaji regulasi yang berlaku dan mempertimbangkan manfaat, potensi konflik, dan konsideran yang sesuai. Kami juga akan berupaya meningkatkan kapasitas imam desa melalui pelatihan yang relevan. Terkait dengan infrastruktur jalan dan jembatan, kami akan berusaha agar pengaspalan jalan dan perbaikan jembatan yang diminta dapat terealisasi sesuai dengan kemampuan anggaran yang tersedia.

FRAKSI PDI-P Kami setuju bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengedepankan prinsip efektivitas dan efisiensi dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA). Kami juga akan memastikan agar OPD tetap konsisten dengan anggaran yang telah disepakati. Terkait dengan usulan perampingan OPD, prosesnya sedang berlangsung, dan kami akan berkomunikasi lebih lanjut dengan DPRD Kolaka Utara. Mengenai pengangkatan dan penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN), kami memahami pentingnya berpegang pada regulasi yang berlaku, dan kami akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang sesuai untuk memperkuat hal ini. Pengawasan distribusi pupuk bersubsidi juga akan kami perhatikan lebih lanjut.

FRAKSI BULAN BINTANG Kami sangat menghargai pandangan Fraksi Bulan Bintang mengenai pencapaian yang realistis dan objektif dalam kerangka pembangunan daerah tahun 2024. Kami juga melihat potensi perusahaan tambang sebagai peluang pendapatan daerah yang signifikan. Kami akan melakukan pendataan sektor-sektor investasi lainnya untuk mendukung pembangunan daerah.

FRAKSI KARYA INDONESIA RAYA Tentang pembangunan infrastruktur, kami memahami urgensi dan pentingnya sektor ini. Kami juga mengakui keterbatasan dana untuk pembangunan infrastruktur yang sering melebihi kemampuan APBD. Oleh karena itu, kami akan terus mencari sumber pendanaan dari APBN dan lainnya untuk mendukung pembangunan infrastruktur. Terkait sektor pertanian, kami akan fokus pada peningkatan produksi, peningkatan kualitas produk, dan ekspor kakao. Promosi wisata akan menjadi fokus kami, dan kami akan berusaha memprioritaskan obyek wisata yang paling potensial. Netralitas ASN adalah prinsip yang kami pegang teguh, dan kami akan memastikan agar ASN tetap menjalankan tugasnya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Kami berkomitmen untuk menjalankan tugas sebagai Pj. Bupati dengan profesionalisme, kejujuran, dan keadilan demi mewujudkan pembangunan yang adil, makmur, dan sejahtera di Kabupaten Kolaka Utara. Kami juga mengajak DPRD Kolaka Utara untuk terus bersinergi dalam mencapai visi dan misi pembangunan daerah. Terima kasih atas perhatian dan kerja sama yang baik dari semua pihak.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img