Galeri Dekranasda Kolaka Utara Diresmikan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), yang di kamandoi Ibu Bupati Kolaka Utara Drs.Hj.A.Nurhayani telah resmi di buka oleh Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar yang berlokasi di Kompleks bundaran Suawindu Senin (5/4/2021).

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahaman Umar bahwa dengan adanya Dekranasda mampu untuk menampung produk lokal Kolaka Utara baik kerajinan maupun makanan yang menjadi ciri khas daerah.

“Untuk kedepan produk unggulan kita adalah kakao baik itu berupa bubuk, pasta, dan minuman itu nanti yang akan dikembangkan kedepan” Katanya.

Bupatipun menyatakan bahwa kendala sebelumnya adalah pasar untuk menjual produk lokal Kolaka Utara, namun dengan hadirnya dekranasda bekerja sama dengan instansi terkait yang akan melakukan promosi dan memfasilitasi penjualan produk lokal Kolaka Utara sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Dekranasda bekerjasama dengan instansi terkait memfasilitasinya penjualan produk ke pasar yang layak bagi masyarakat, dengan begitu ada tambahan penghasilan untuk masyarakat seperti kerupuk ikan, yang rasanya sangat enak, serta semua izin untuk produk tersebut dapat segera didapatkan untuk mempermudah penjualan,”Katanya.

Sementara itu dikatakan Ketua Dekranasda Kabupaten Kolaka Utara Dra.Hj.A.Nurhayani bahwa Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

“Saat ini ada sekitar 50 UKM yang kita bina yang tersebar di 15 Kecamatan dan saat ini ada 90 produk yang dipamerkan dan dijualkan dalam galeri, seperti kuliner dan kerajinan tangan,”Katanya.

“untuk sementara pasaran kita masih seputaran wilayah Kolaka Utara, karena galeri juga baru kita buka, dan kita juga akan mencari pasaran dengan bekerjasama dengan dinas Perdagangan”Katanya.

Diapun menyatakan bahwa galeri tersebut terbuka untuk umum, masyarakat Kolaka Utara yang memiliki kerajinan maupun kuliner yang ingin dijual, dekranasda siap menerima dan membantu menjualkan.

“Dengan adanya galeri ini menjadi tempat untuk memperkenalkan produk lokal kita, sehingga jika ingin membeli oleh-oleh Kolaka Utara langsung datang ke galeri Dekranasda”Tandasnya. (L)

Komentar