Gempa Magnitudo 3,5 di Kolaka Utara Tidak Berpotensi Gempa Susulan

Jumat (16/4/2021) sekitar pukul 08.42 Wita Kolaka Utara dilanda gempa berkekuatan 3,5 SR, yang terasa di Tiga Kecamatan yakni di Kecamatan Pakue, Pakue Utara dan Purehu.

Dijelaskan Kepala BPBD Kabupaten Kolaka Utara Hj.Suriani berdasarkan rilis BMKG Bahwa Gempa Mag:3.5 SR, 16-Apr-2021 08:42:07 WITA, Lok:3.23 LS, 121,09 BT (5.4 km Tenggara Palue, Kab. Kolaka Utara – SULTRA), Kedalaman: 10 km, dirasakan di Porehu dan Pakue II – III.

“Menurut data dari BMKG yang kami terima dan kota juga punya alat pendeteksi gempa, bahwa gempa terjadi sekitar pukul 08.42 dan terasa sampai di Kecamatan Purehu dan titiknya itu berada di Pakue Utara,”Ujarnya.

Kepala BPBD Kabupaten Kolaka Utara Hj.Suriani

Diapun menambahkan bahwa Gempa tersebut berdasarkan data BMKG tidak akan terjadi gempa susulan meski demikian pihaknya telah berkoordinasi pemerintah kecamatan, Polsek harga hingga desa agar masyarakat tetap tenang dan jikalau terjadi gempa susulan masyarakat diminta untuk mengungsi ke tempat yang aman.

“Data dari BMKG tidak ada gempa susulan tapi kita tetap menghimbau masyarakat tetap tenang dan dalam gempa ini tidak ada kerusakan namun jika ada rumah warga yang tidak tahan gempa diharapkan segera keluar rumah, semoga tidak ada gempa susulan lagi,”Harapnya. (L)

Komentar