H. Baharuddin : KSM adalah ajang untuk mengukur Kualitas Madrasah

Lasusua — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), menggelar kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten yang diikuti oleh peserta dari madrasah MI/MTsN/ dan MA se Kab. Kolut.

Kegiatan KSM yang berlangsung di MTsN 1 Kolut  tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Kolaka Utara, Drs. H. Baharuddin, M.Si, Sabtu (20/07). Turut dihadiri Ka. Subbag TU, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, dan Kepala Madrasah se- Kabupaten Kolaka Utara.

Kepala Kantor Kemenag   mengatakan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ini  dijadikan  ajang untuk mengukur kualitas dari Madrasah yang ada di Kolaka Utara

“Melalui Kompetisi Sains Madrasah ini akan menjadi ajang untuk mengukur Kualitas Madrasah, artinya diajang ini kita akan melihat siapa dan madrasah mana yang terbaik di Kolaka Utara, mengapa dikatakan bekualitas karena salah satu indikator suatu lembaga pendidikan berkualitas adalah ketika ada ajang lomba ia menjadi yang terbaik” katanya.

Selain itu dengan ajang kompetisii Sains Madrasah tingkat Kabupaten ini kita harapkan akan mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat.

“saya kira sudah menjadi cita cita dan harapan kita semua dengan ajang kompetisi Sains Madrasah tingkat Kabupaten ini diharapkan akan mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat yaitu  madrasah dengan pencapaian kualitas terbaik kesemua komponen  dengan menggunakan cara yang jujur, berakhlakul karimah, dan sesuai dengan norma keislaman” ujarnya

Karena itu iya meminta kepada seluruh  peserta untuk berlomba dengan serius dan tekun untuk meraih juara dan mewakili Kolaka Utara di tingkat Provinsi

“kepada anak-anakku peserta lomba KSM saya mengharapkan untuk berlomba atau mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tekun untuk meraih juara di tingkat Kabupaten yang nanti akan mewakili Kabupaten Kolaka Utara di ajang tingkat Provinsi, dan kita sangat berharap di tingkat provinsi nanti akan menjadi juara hingga mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara ketingkat Nasional” pungkasnya

Sebelumnya dalam laporannya ketua panitia pelaksana kegiatan, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Drs. Idris menyampaikan bahwa kegiatan kompetisi Sains Madrasah adalah ajang yang rutin digelar setiap tahun secara berjenjang mulai di tingkat madrasah, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional.

Iya juga menambahkan bahwa kegiatan Kompetisi Sains Madarasah tingkat kab. Kolaka Utara tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta dibanding tahun sebelumnya, dimana tahun ini mencapai lebih dari dua ratus peserta sedangkan di tahun tahun sebelumnya tidak pernah sebanyak ini.

Diakhir laporannya iya mengapresiasi kepada seluruh Guru pembina  dan kepala Madrasah yang telah mengutus siswanya untuk mengikuti kegiatan ini,  dimana pada ajang KSM tahun ini sebagian besar Madrasah yang ada di Kolaka Utara mengikutkan  atau mengutus siswanya dalam ajang lomba ini.


Penulis : Sabri, SE/Kementerian Agama Kab. Kolaka Utara
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd

Komentar