Hansip di Kolaka Utara di Bina Sukseskan Pemilu

Pertahanan Sipil (hansip) atau Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kolaka Utara dibina untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur 2018,Pasalnya hansip memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat pemungutan suara berlangsung.

Dikatakan Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas, Sebelumnya Linmas dikenal dengan sebutan hansip itu adalah salah satu lembaga yang menganani ketertiban ketentraman dan keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), sehingga perlu dilakukan pembinaan untuk menambah pengetahuan sehingga mampu bekerja maksimal menjalankan tugas.

Sosialisasi linmas se Kecamatan Lasusua dalam rangka menghadapi Pilgub 2018

“Undang-undang no 8 Tahun 2012 tentang pemilihan umum DPRD, DPR Provinsi, DPR RI, Pilpres khususnya menjelaskan pasal 152 ayat 4 bahwa petugas yang mengani ketentraman, ketertiban dan kemanan di TPS berasal dari Hansip atau Linmas dan peraturan menteri dalam negeri nomor 10 tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan mansyarakat dalam penanganan ketertiban keamanan dalam penyelanggaraan pemilihan Umum,”Katanya Saat menggelar kegiatan pembinaan lingkungan anggota  satuan linmas akhir pekan lalu, di salah satu hotel di Kolaka Utara.

Lebih lanjut di katakannya bahwa 2018 mendatang akan digelar Pilkada secara serentak gelombang ke-III dan  di Sultara akan digelar beberapa Pemilihan diantaranya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi tenggara dan pemilihan Bupati dan wakil Bupati di beberapa daerah.

“Amanah Undang-undang membutuhkan peran linmas untuk hadir pada momen Pemilu, sebagai wujud kehadiran negara atau pemerintah selaku unsur pengamanan di tempat linmas bertugas,”ujarnya.

Sosialisasi linmas se Kecamatan Lasusua dalam rangka menghadapi Pilgub 2018

Dengan fungsi linmas kata dia yang sangat strategis pemerintah memilik komitmen yang tinggi terhadap potensi yang dimiliki, agat terus dapat berdayaguna dan berhasil guna bagi masyarakat dalam menunjang keberlanjutan program pemerintah.

“Penyelengaraan pembinaan dan perlindungan masyarat linmas merupakan urusan wajib bagi pemerintah, karena pengabdian dan dedikasi  perlindungan masyarakat selama ini membawahi perjalanan kehidupan bermasyarakat melalui tugas dan fungsinya sebagai Linmas,” Demikian disampaikan Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas.

Selain itu linmas di tuntut untuk mendukung suksesnya pemilu, dan siap mendukung kegiatan sosial, kemasyarakatan dan harus siap bersinregi dalam menanggulangi berbagai bencana untuk mewujudkan masyarakat sejahtera damai dan berdaya saing.

Komentar