24.3 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Hari Jadi Ke 12, Seluruh Wilayah Kolaka Utara Dapat di Akses

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Lasusua- Semarak Pelangi 12 Tahun Kolaka Utara Nampak sangat semarak digelar pada Kamis Malam (7/1) di alun-alun Kota Lasusua, dibuka dengan tarian Kolosal puluhan Penari dari Sanggar Seni Kolaka Utara membuat acara semakin semarak ditambah lagi para penonton di goyang dengan kehadiran sang Biduanita Septi KDI.

12 tahun Kolaka Utara diibaratkan sebagai proses transisi dari masa anak-anak menuju remaja, nampakanya perubahan usia membuat Kolaka Utara makin matang terbukti, permasalahan infrastrukturnya sudah mampu diatasinya secara bertahap hingg saat ini perubahan sudah menampakkan peningkatannya, sehingga seluruh wilayah di Bumi Patampanua mengalami peningkatan aksebilitas.

Sebelumnya di ketahui bahwa Aksebilitas baik transportasi dan dan komunikasi yang menjadi permasalahan bagi masyarakat wilayah otoritas rusda Mahmud yang berada di daerah terpencil, namun berbeda saat ini semua Desa sudah bisa di Akses dengan kendaraan Roda Empat meski dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, sementara dari akses telekomunikasi 15 Kecamatan di kolaka Utara semuan ya sudah di akses dengan telekomunikasi.

Bupati Kolaka Utara (tengah) bersama penerima peghargaan di 12 Tahun Kolaka Utara

“Kemajuan ini ditunjukkan dengan indeks pembangunan manusia di Kolaka Utara pada tahun 2005 hanya 63% dan saat ini telah mencapai indeks sebesar 70,65%,”Ujar Rusda Mahmud saat membuka kegiatan Semarak Pelangi 12 tahun Kolaka Utara yang mengangkat Tema Warnai Harimu dengan karya dan kreativitas dengan digelar Pameran selama sepekan mendatang.

Sementara Itu Kata Rusda Pembangunan di bidang Kepenududukan dan KB kolut Telah berhasil meraih penghargaan tertinggi dari presiden yakni satya Lencana Wira Karya, dan sebelumnya Kolaka Utara meraih penghargaan predikat terbaik dalam Lomba program terpadu peninkatan peranan wanita menuju keluarga sehat Sejahetra (P2WKSS), Tingat provinsi Sulawesi Tengara.

“Pada Bidang pengelolaan keuangan daerah kita telah berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dari BPK RI, raihan tersebut memberi indikasi semakin baiknya kinerja pengelolaan keuangan di daerah Kita,”Ujar pasangan duet Bobby Alimuddin.

Sementara di sektor Pendidikan Kata Bupati Dua Periode ini bahwa pada 8 Desember lalu, Tiga sekolah berhasil meraih penghargaan dari menteri lingkungan hidup dan Kehutan RI serta menteri pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2015, “tiga sekolah yang berahasil meraih penghargaan itu SMP Negeri 1 Lasusua, SMK negeri satu Lasusua dan SMA Negeri 1 Lasusua,”Terangnya.

Semua keberhasilan yang telah diraih saat ini merupakan kasil kerja keras dari semua komponen masyarakat baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat desa dan Kelurahan,”tanpa birokrasi yang kompeten, loyal dan profesioanal, prestasi pemerintah tidak akan mungkin terukir dalam sejarah perjalanan saat ini hingga di masa mendatang,”katanya.

Makanan kuliner non beras yang diperlombakan pada Hut Kolut ke-12

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa Hari jadi 12 ini hendaknya dijadikan sebagai wahana refleksi untuk melakukan serangkaian evalausi atas kontribusi kita dalam perjalanan sejarah Kolaka Utara,”Kita dituntut untuk mengasah kejelian dan kemampuan membaca persoalan startegis yang tengah terjadi di daerah kita untuk menjadi agenda penting untuk mewujudkan masa depana Kolaka Utara yang lebih baik, momentum ini dijadikan untuk meneguhkan komitme, bersatu padu, bergotong royong memberikan karya dan prestasi yang terbaik untuk Kolaka Utara,”pungkasnya.(ARM)

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img