24.2 C
Kendari
Rabu, 1 Februari 2023

HUT Kolaka Utara BPN Sultra Serahkan Sertifikat Program PTSL,Sektor Nelayan dan UKM

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam rangka HUT Kolaka Utara ke-19  Badan Pertanahan Sulawesi Tenggara menyerahkan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) , sertifikat nelayan dan UKM dan penyerahan sertifikat tersebut diserahkan langsung Kepala Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Andi Renald, S.T., M.T pada Sabtu (7/1/2022) di lapangan aspirasi Kolaka Utara. 

Dijelaskan Kepala Pertanahan Kolaka Utara, Fajar, S.STM.PA,tahun 2022 pihaknya telah menyelesaikan target kegiatan Program Strategis Nasional (PSN) bidang pertanahan di antaranya 4.442 sertifikat PTSL dan sertifikat lintas sektor yang sudah diselesaikan sejumlah 120 sertifikat dengan rincian 43 sertifikat nelayan dan 77 sertifikat UKM dan 16 sertifikat aset pemerintah.

“Alhamdulillah sampai dengan saat ini telah mencapai 100 persen, Sertifikat PTSL dan sertifikat lintas sektor, ” Katanya.

Selain itu Kepala Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Andi Renald, S.T., M.T juga menyerahkan 16 sertifikat aset pemerintah daerah Kolaka Utara, Sertifikat itu diterima pleh Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si 

“Alhamdulillah tadi kita telah menyerahkan 16 sertifikat aset daerah terdiri dari aset desa 1 sertifikat, aset Basarnas 1 sertifikat, serta aset Kementerian Pertanahan 1 sertifikat. Dan target kami tahun 2022 mencapai 100 persen,” kata Kakanwil. 

Lebih lanjut ia menyampaikan, sampai tahun 2022 Kanwil BPN Sulawesi Tenggara telah mendaftarkan tanah sebanyak 1,25 juta bidang tanah atau sekitar 65,5 persen dari estimasi jumlah bidang tanah sebanyak 1,91 juta.

“Sisanya 0,65 juta bidang tanah atau 34,4 persen ditargetkan selesai pada tahun 2025,” rincinya.

Untuk menyelesaikan target tersebut, pada tahun 2023 ini Kantor Pertanahan Kolaka Utara diberikan beberapa target kegiatan di antaranya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023 sebanyak 1420 hektare, terpetakan serta 930 sertifikat.

“Redistribusi Tanah Objek Landreform sebanyak 1000 sertifikat,  Penyelenggaraan Gugus Tugas Reforma Agraria, Penanganan Akses Reforma Agraria, Pembaruan Peta Zona Nilai Tanah dan Pencegahan dan Penanganan Konflik Pertanahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pertanahan Kolaka Utara, Fajar, S.STM.PA, menuturkan, tahun 2022 pihaknya telah menyelesaikan target kegiatan Program Strategis Nasional (PSN) bidang pertanahan di antaranya 4.442 sertifikat PTSL. 

Sertifikat lintas sektor yang sudah diselesaikan sejumlah 120 sertifikat dengan rincian 43 sertifikat nelayan dan 77 sertifikat UKM dan 16 sertifikat aset pemerintah.

Kepala Bidang Pertanahan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perkantoran, Muhris, S.Sos mendukung penuh dan siap bersinergi dalam mensukseskan target dan program Kantor Pertanahan Kolaka Utara tahun 2023. 

“Kami sangat bersyukur karena tahun ini 16 aset pemda telah memiliki sertifikat. Semoga 2023 bisa bertambah,” tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

3 Milyar Untuk Tambat Labuh Kapal Nelayan Kolaka Utara

Masyarakat Desa Lametuna Kecamatan Kodeoha, yang berprofesi sebagai nelayan sebelumnya keluhkan tidak adanya lokasi berlabuh kapal di muara sungai...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img