Program Pintar Mengurus (Pirus) dari PGRI Kolaka Utara Untuk Siswa Berprestasi Tapi Kurang Mampu

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun ini, mengagas Program Pintar Mengurus (Pirus) bagi siswa yang kurang mampu. Namun, berprestasi disekolah  untuk dijadikan anak angkat  mendapatkan pendidikan yang layak hingga ke bangku Kuliah 

Ketua PGRI kolut, H. Muh Idrus, Sos.M.Si mengungkapkan bahwa, setelah dilakukan pengukuhan dan pelantikan para pengurus PGRI Kecamatan yang terpilih secara demokratis, pihaknya langsung menggelar rapat koordinasi untuk program kerja ke depan, dalam menyusun program tahunan baik program jangka lima tahun, maupun program jangka panjang.

“Selain program unggulan lainnya,  program yang kami sepakati adalah program Pirus, dalam terminologinya adalah Pintar Mengurus,”Kata H,Idrus.kepada awak media seusai buka bersama di halaman kantor Disdikbud Kolut.

“Kemajuan sektor pendidikan di suatu daerah, khususnya di Kolut harus bersinergi dengan pemerintah yang ditopan oleh masyarakat, tapi motor pengeraknya adalah PGRI,”Ungkap Idrus.

Dikatakannya, implementasinya program ini adalah pengurus Kecamatan untuk memantau bagi siswa yang berprestasi diseluruh sekolah di Kolut, pihak PGRI akan dijadikan siswa tersebut sebagai anak angkat, untuk dikuliahkan ke jenjang  Perguruan Tinggi     

“Sementara ini, kita wujudkan beberapa siswa dulu, namun yang paling kita prioritaskan adalah siswa anak yatim, selain untuk mengangkat martabat keluarganya, juga bisa mengharumkan nama Kolut kedepan,”Tuturnya.

Lebih lanjut kata Idrus, bahwa, anggaran Program Pirus ini tidak mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kolut. Namun, anggaran program tersebut dari hasil swadaya seluruh pengurus dan anggota PGRI di Kolut. 

“Selain pengurus melakukan pendataan di setiap kecamatan, kita juga membuka ruang kepada siapapun untuk berpartisipasi, baik dari kalangan pengusaha, termasuk media bisa membantu menjalankan program ini,”ungkapnya

Karena itu, Ketua PGRI Kolut ini berharap kepada seluruh pengurus PGRI, baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan, untuk memprioritaskan  program yang telah disepakati. (*)

Komentar