25.6 C
Kendari
Kamis, 28 Maret 2024

Ingin Wujudkan Pasar Yang Jujur dan Tertib, Ini Yang Dilakukan Kades Saludongka Isnandar Saat Sidak Pasar

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pasar tradisional merupakan pusat perekonomian suatu desa, Pasar yang sehat akan memberikan manfaat bagi banyak orang, namun tidak sedikit pedagang berlaku curang untuk mendapatkan keuntungan berlebih, Selaku Kepala Desa Salodongka Kecamatan Pakue Utara, Isnandar mulai menerapkan sistem pasar yang jujur untuk pasar yang ada di wilayah otoritasnya.

Seperti yang diungkapkannya saat menggelar sidak pada Rabu (5/2) bahwa dirinya mengecek langsung tera timbangan yang digunakan pedagang sehingga kedepannya pasar Salodongka mampu menjadi contoh pasar yang jujur dan mencerminkan prilaku dan kehidupan bertransaksi yang sesuai syariah dan Sunnah.


“Visi misi Bupati Kolaka Utara yang ingin menjadikan Kolaka Utara sebagai Kabupaten madani. Olehnya itu, kami Pemerintah Desa Saludongka ingin terlibat secara langsung dan bahkan ingin menjadi contoh bagi desa lain,”terangnya.

Sidak yang kali pertamanya dilaksanakannya tersebut bersama aparat desa, ketua Bumdes Madani desa Saludongka, Imam Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas.

Kegiatan tersebut dilakukan k untuk pemeriksaan alat ukur penjual, Sosialisasi bagi wanita penjual maupun pembeli untuk berhijab saat berangkat ke pasar Madani desa Saludongka, sosialisasi penanganan limbah atau sampah pedagang dan penertiban pangkalan ojek dan parkir liar.

“Masih pemerintah Lokal yg Sidak tadi. Belum ada dari pihak Pemda yakni dari dinas Perdagangan. Mudah2an menjelang Ramadhan kita hadirkan dan bisa sidak bersama”,Harapnya

Diapun menyatakan bahwa pihaknya akan rutin mengecek pasar, sehingga kedepannya pedagang tidak berlaku curang terhadap konsumennya dengan cara mengurangi timbangan dengan menggunakan literan standar.

“Pedagang dan penjual khusus wanita supaya berkerudung setiap hari, khususnya setiap hari pasar. Limbah atau sampah pedagang tidak lagi berserakan di kios masing-masing setelah disiapkan tong sampah di setiap sudut lorong, pangkalan ojek dan parkiran menjadi teratur sehingga kemacetan bisa diantisipasi baik di dalam pasar maupun jalan masuk menuju pasar,”Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img