Ini Penjelasan Kelas Jauh Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Mataleuno Yang Viral

KELASJUMLAH SISWA
12 Orang
22 Orang
34 Orang
46 Orang
55 Orang
62 Orang
Data Kelas Jauh di Desa Lengkong Batu Kec. Pakue Utara

Kelas jauh atau biasa disebut Filial yaitu “kelas” yang dibuka di luar sekolah induk diperuntukan untuk siswa-siswi yang tidak tertampung di sekolah tersebut baik karena keterbatasan kursi (ruang kelas) atau jarak tempat tinggal siswa-siswi yang jauh. Kelas jauh bukan merupakan sebuah “sekolah”, melainkan “kelas” dari sekolah induk regular.

Kelas Jauh Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Matalueno yang terletak di Desa Lengkong Batu, Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara ini adalah bagian dari sekolah induk regular SDN 1 Mataleono. Bukan sekolah mandiri yang berdiri sendiri. Kelas Jauh ini dibentuk sejak tahun 2017 (informasi lisan dari Kepala Sekolah), atas permintaan orang tua murid yang tempat tinggalnya jauh dari sekolah induk regular. Pembentukan kelas jauh bertujuan untuk memberikan solusi agar anak-anak kita yang jauh dari sekolah induk regular tetap bisa bersekolah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara H. Muh. Idrus, Sos.,M.Si, pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan tetap hadir melalui langkah-langkah yang sesuai koridor peraturan yang berlaku. Sebelumnya, SDN 2 Batu Ganda dan SDN 3 Batuganda Permai yang dulunya merupakan kelas jauh dari SDN 1 Batu Ganda di Kecamatan Lasusua memiliki kondisi yang lebih urgen untuk dibenahi. Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah hadir dan menuntaskan sekolah tersebut hingga sekolah ini dinegerikan dan berdiri sendiri.

Selain itu, masih ada beberapa sekolah yang saat ini dalam tahap pembenahan. Kepala dinas Pendidikan Kolaka Utara. H. Idrus mempersilahkan Publik untuk bertanya dan melakukan komunikasi dengan guru-guru atau kepala sekolah agar obyektifitas imformasinya lebih rinci. Beritanya diharapkan dapat berimbang dan tidak menimbulkan kesalah pahaman.

H. Muh. Idrus, S.Sos.,M.Si sendiri adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara yang baru dilantik dan bertugas pada awal tahun 2019, tepatnya 10 Februari 2019 dilantik menjadi kepala Dinas Dikbud, beliau menyampaikan bahwa kelas jauh ini sudah ada sebelum ia bertugas sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara, namun ia tetap berkomitmen dan berupaya mencari solusi dan jalan keluar terhadap hal yang telah dirintis pendahulunya itu.

Kelas jauh di desa Mataleuno telah dibuka sejak tahun 2017 oleh pendahulu kami dengan tujuan agar anak-anak yang jauh dari sekolah induk SDN 1 Mateleuno dapat tetap bersekolah. Tentunya, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan selalu berupaya mencari jalan keluar terkait keberadaan kelas jauh tersebut sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mengenjot akses dan fasilitas pendidikan di Kabupaten Kolaka Utara“.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penelusuran tim kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara, diperoleh keterangan bahwa jumlah murid yang belajar di kelas jauh ini adalah sebanyak 21 orang, dengan rincian data sebagai berikut:

  1. Kelas 1 : 2 orang
  2. Kelas 2 : 2orang
  3. Kelas 3 : 4 orang
  4. Kelas 4 : 6 orang
  5. Kelas 5:5 orang
  6. Kelas 6:2 orang

Penduduk yang bermukim di sekitar kelas jauh ini sebagian besar merupakan penduduk musiman yang pada waktu-waktu tertentu meninggalkan tempat tinggalnya.

Saat ditemui, H. Muh. Idrus., S.Sos.,M.Si menyampaikan bahwa dengan memperhatikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pendirian, Perubahan, dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, kelas jauh ini belum layak untuk dijadikan sekolah induk regular tersendiri. Kelas jauh ini telah menjadi perhatian sejak akhir tahun 2018, namun kami belum bisa mengambil tindakan instan untuk menjadikannya sebagai sekolah induk karena jumlah muridnya yang sangat terbatas. Akan tetapi, kelas jauh ini akan tetap ditindak lanjuti sembari menyelesaikan persoalan-persoalan pendidikan lain yang serupa di wilayah lainnnya di kabupaten Kolaka Utara. Kami akan tetap melakukan kajian dan terus berupaya memenuhi akses dan sarana Pendidikan berdasarkan skala prioritas.

Doakan kami, dukung kami dalam program pemenuhan aksesibilitas dan sarana Pendidikan di Kabupaten Kolaka Utara. Tegurlah kami jika kami berbuat salah….tambahnya.


Press release Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara terkait beredar atau viralnya Kelas Jauh Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Matalueno yang terletak di Desa Lengkong Batu, Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara

Komentar