25.1 C
Kendari
Jumat, 24 Mei 2024

Inovasi Data Desa Presisi (DDP): Terobosan Menuju Pembangunan Desa Kolaka Utara yang Lebih Baik

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP., M.A., Penjabat Bupati Kolaka Utara, terus mendorong batas pembangunan desa dengan memperkenalkan inovasi Data Desa Presisi (DDP). Dalam upaya untuk memberikan desa akses ke data yang akurat dan beragam, DDP telah menjadi  penting dalam pengembangan wilayah.

Dr. Ir. Sukanto Toding menjelaskan bahwa DDP adalah hasil dari sensus partisipatif yang melibatkan aktifnya partisipasi warga desa. Data yang diperoleh memiliki tingkat integritas yang sangat tinggi dan disajikan melalui aplikasi yang berisi berbagai jenis data dengan jumlah indikator yang hampir tak terbatas. “DDP telah menjadi instrumen penting dalam pengukuran parameter pembangunan desa dengan akurasi tinggi,”Jelasnya.

Orang Nomer Satu di Kolaka Utara ini juga menyoroti pentingnya pemahaman kondisi desa sebagai langkah awal untuk mengambil kebijakan pembangunan yang sesuai. “Dengan data yang dikumpulkan melalui DDP, pemangku kepentingan desa dapat melihat gambaran yang jelas tentang apa yang diperlukan untuk mencapai perkembangan yang lebih baik,”Katanya.

Prof. Dr. Sofyan Sja dari Fakultas Ekologi Manusia  Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai ketua Tim Fasilitator DDP. Dia menyebutkan bahwa DDP adalah manifestasi kemanusiaan dan menjelaskan bahwa pengembangan desa hanya dapat dicapai melalui kolaborasi. Dengan data desa yang akurat, desa memiliki landasan yang kuat untuk pembangunan yang berkelanjutan.

“Pengumpulan data untuk DDP melibatkan partisipasi warga desa dan bimbingan dari perguruan tinggi. Setiap desa dibagi menjadi kelompok berdasarkan Dusun dan RW, dengan memberikan kode pada semua bangunan dan mengunjungi mereka sesuai titik koordinat. Sensus ini menghasilkan 208 parameter yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pembangunan desa,”Jelasnya.

Relevansi DDP dalam era Big Data era 4.0. Perubahan ini menekankan pentingnya berkolaborasi dan menggunakan data secara efektif untuk memajukan pembangunan desa. “DDP menjadi alat penting untuk memahami dan mengukur kondisi desa dengan lebih baik,” Tutupnya.

Dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan dan lebih baik, inovasi Data Desa Presisi (DDP) yang diperkenalkan oleh Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP., M.A., menjadi aset bagi Kolaka Utara. Dengan data yang akurat dan kolaborasi, desa dapat mencapai potensi penuhnya dan membuka pintu bagi masa depan yang lebih baik.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img