Intalasi Pengolahan Air (IPA) Pakue Kolaka Utara di Resmikan

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tampanama Kolaka Utara tahun ini kembali mendapatkan bantuan Intalasi Pengolahan Air (IPA) untuk Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Pakue yang memilki kapasitas 20 Liter perdetik dan mampu menjangkau 2000 KK.

Dikatakan Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi tenggara Pemukiman Kementeraian PUPR H.Sahabuddin bahwa pekerjaan pembangunan IPA di Kecamatan Pakue dilakukan kurang lebih Lima Bulan, dan IPA IKK tersebut unik karena tidak menggunakan pompa namun menggunakan gravitasi.


“IPA IKK Pakue ini kapasitasnya 20 Liter per detik dan dapat menjangkau 2000 KK, IPA kita ini tidak menggunakan pompanisasi tapi menggunakan gravitasi dari sumber sampai ke intalasi kita,”katanya.

Sementara itu dikatakan Kepala Sarana Pemukiman Wilayah Sultra Kementerian PUPR Mustaba bahwa IPA yang diresmikan di Bumi Patowanua di Kolaka Utara adalah yang ketiga di Sulawesi Tenggara yakni di Kabupaten Muna, Kolaka dan Kolaka Utara dan akan diserahkan ke Pemerintah Dearah untuk di kelola.

“Hari ini adalah serah terima pemanfaatan dan pengelolaan sementara, bukan serah terima aset, karena serah terima ada Tiga kewenangannya yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan. Setelah selesai masa pemeliharaan Enam bulan kedepan baru kita akan proses serah terima asetnya yang akan ditandatangani pak Bupati dan Dirjen Cipta Karya,”Katanya.

Diapun menambahkan bahwa IPA berkapasitas 20 Liter Perdetik dan melayani 2000 KK, bisa melayani 10.000 jiwa jika satu keluarga minimal Lima orang “Untuk kecamatan pakue ini mudah-mudahan sudah bisa terlayani air bersihnya dengan IPA yang diserahkan, sehingga akses air minum di kolaka utara bisa terpenuhi, apalagi sumber air minum di Kolaka Utara sangat mudah, sepanjang jalan banyak sungai,”Tuturnya.

Sementara itu Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.Nurrahman Umar bahwa dengan serah terima pengolahan dan pemanfaatan dari kemnterian PUPR ke PDAM ke camatan Pakue akan menambah kapasitas penggunaan air bersih pada masyarakat.

“Pembangunan instalasi pengelolaan air merupakan proyek yang sangat strategis karena air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang berdampak langsung pada kejahteraan fisik,sosial dan ekonomi masyarakat,ketersediaan air bersig sangat dibutuhkan oleh manusia secara terus menerus untuk berbagai keperluan,”katanya.
Dalam acara serah terima pemanfaatan dan penggunaan IPA IKK Pakue tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas, Kepala kejaksaan Negeri Lasusua Teguh Imanto, Anggota DPRD Kolaka Utara Hj.Sukmawati dan Muh. Zafaat Nur, Direktur PDAM KM.Jumadi dan Kepala OPD.


Penulis     : Sulaeha,S.Sos

Komentar