Irjen Perhubungan Kunjungi dua Pelabuhan di Kolaka Utara

Inspektur Jendral (Irjen) Perhubungan Darat dan Laut Kemeterian Perhubungan DR.W.S Utomo Meninjau langsung pelabuhan Sapoiha yang rencana sebelumnya akan dijadikan pelabuhan Peti Kemas pelabuhan Katoi pengelolaanya akan dikembalikan ke kementerian perhubungan.

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar bahwa kunjugan Irjen perhubungan itu akan meninjau dan melihat langsung kondisi Pelabuhan Sapoiha dan Pelabuhan Penyeberangan Tobaku, dan apapun hasil dari kunjungan Irjen tersebut nantinya dirinya siap menerima segala keputusan.

“Pelabuhan Sapoiha ini kami tidak bisa berikan kesimpulan, karna yang berhak dan tahu secara teknis adalah kementerian Perhubungan menyatakan tidak layak atau bisa, kami legowo menerima  keputusan apa gunannya pertentangan jika tidak sesuai asas manfaatnya”, Katanya.

Diapun menjelaskan bahwa di Sekitar pelabuhan Penyeberangan Tobaku Pemda Kolaka Utara telah menyiapkam lahan untuk dijadikan Pelabuhan Peti Kemas dan Pemdapun siap untuk melakukan pembebasan lahan. “tidak jauh dari pelabuhan ada lahan sebanyak 6 Hektar untuk persiapan pelabuhan peti kemas, Pemda akan siap membebaskan,”ujarnya.

Kedatangan Irjen Perhubungan Darat dan Laut Kemeterian Perhubungan DR.W.S Utomo di Kolaka Utara untuk mengunjungi Dua Pelabuhan yakni pelabuhan Penyebrangan Tobaku akan di serahkan kembali ke pemerintah pusat dan proyek di Pelabuhan Sapoiha yang sudah dibangun cukup lama dan sempat beroprasi dan dihentikan dan tahun 2015 dibangun kembali.

“Saya membutuhkan data-data dan informasi yang akurat sehingga saya tidak salah dalam memberikan masukan pada Bapak mentri Perhubungan, saya butuh informasi yang akurat dan didukung data-data yang kuat sehingga menjadi bahwan untuk mengambil keputusan,”katanya.

Diapun menyatakan bahwa pihaknya tidak saja membantu untuk menunjang  sektor lain namun kewajibannya adalah membantu suatu daerah agar dapat berkembang ,”dengan kita membangun satu fasilitas infrastruktur, kita harap daerah itu bisa berkembang lebih baik kedepan, saya akan melihat secara langsung dan membuat analisa dengan teman-teman kondisi pelabuhan ini dan menyangkut usulan pak bupati untuk memindahkannya merupakan suatu masukan dan kita akan liat,”tandasnya.

Komentar