Jalur Bypass Lasusua-Tobaku diusul Jadi Jalan Nasional Gantikan Latsitarda?

Jalur Bypass Lasusua – Tobaku yang berada di Ibukota Kabupaten Kolaka Utara yg sebelumnya menjadi jalan kabupaten akan segera berubah menjadi jalan Nasional. Untuk perubahan status jalan tersebut, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari (Sulawesi Tenggara) Yohanis Tulak Todingrara, dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari (Sulawesi Tenggara), Dr. Ir. Haeruddin C. Maddi melakukan kunjungan kerja terkait pengusulan perubahan status jalur tersebut.

Jalan Nasional saat ini berada di Lasitarda dengan pendakian yang cukup banyak dan jalan yang berkelok-kelok sehingga jalur tersebut sudah jarang dilalui pasalnya masyarakat lebih memilih jalur alternatif bypass yang lebih singkat dan jalannya lurus.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari (Sulawesi Tenggara) Yohanis Tulak Todingrara mengatakan dalam kunjungan kerjanya tersebut bahwa pihaknya baru sekedar meninjau bypass untuk melihat langsung kondisi jalan yang diusulkan untuk menjadi jalan Nasional.

“Kunjungan kami hari ini baru sebatas meninjau jalur by pass lasusua, seperti apa kondisi jalur tersebut. Jika nanti rencana pengusulan ini terealisasi, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari akan bekerja sama dengan Pemda Kolut dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, ada yang menangani persoalan ombaknya, jalannya dan lain sebagainya,” Ujarnya.

Diungkapkan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, Dr. Ir. Haeruddin C. Maddi mengungkapkan, bahwa pihaknya juga akan meninjau langsung sungai Batuganda yang menjadi lokasi banjir beberapa bulan lalu, Sera bendungan irigasi yang berada di Ranteangin.”Untuk kewenangan, kami tidak bisa terlibat begitu saja, karena dibawah 1.000 ha menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten, sedangkan diatas 1.000 – 3.000 ha menjadi kewenangan Provinsi,” Tandasnya .

Komentar