30.1 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Jasa Raharja Sosialisasi Peran Ke Penyedia Layanan Kurir Lokal

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Jasa Raharja sebagai perusahan asuransi sosial yang berperan memberikan santunan pada korban kecelakaan lalu lintas baik Darat, Laut dan Udara tersebut memberikan sosialisasi mengenai peran dan fungsi Jasa Raharja, perusahaan BUMN tersebut pada Rabu 18 Desember 2019 melakukan kunjungan ke salah satu kantor layanan kurir Lokal di Kolaka Utara yakni KurirKU.

Seperti yang di ungkapkan Perwakilan Jasa Raharja Kabupaten Kolaka Utara Rais Abin Burhanuddin, bahwa sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya agar masyarakat mengetahui peran dan fungsi Jasa Raharja.

“Jasa Raharja saat ini hadir lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan pelayanan maksimal, seperti saat terjadi kecelakaan lalu lintas jika kami mendapatkan laporan,kami langsung mengunjungi ke rumah sakit, dan biaya maksimal Rp.20.000.000 kami yang mencover yah, dan nanti kami yang berurusan dengan pihak rumah sakit,”Katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dalam pembayarak pajak kendaraan kata dia, telah masuk iuran wajib dan sumbangan wajib yang tiap tahun di bayarkan. Meski korban kecelakaan lalulintas di santuni namun Jasa raharja tidak memberikan santunan pada korban kecelakaan tunggal.

“Korban Kecelakaan beruntung, tabrak lari jika ada laporan polisinya kami akan santuni, tapi jika kecelakaan tunggal itu tidak di santuni. korban dari pengendara juga kami santuni karena dalam pembayaran pajak itu ada Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yakni untuk memberikan perlindungan atau jaminan bagi pihak ketiga yang mengalami kecelakaan akibat pengguna kendaraan”Katanya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keungan Nomer 15/PMK.010/2017 dan peraturan menteri keungan nomer 16/PMK.010/2017 besaran nilai santunan Meninggal Dunia Rp.50.000.000, Cacat tetap maksimal Rp.50.000.000, Luka-luka maksimal Rp.20.000.000, P3K Rp.1.000.000, Ambulance maksimal Rp.500.000.

Selain Dari Jasa Raharja Satlantas Polres Kolaka Utara juga memberikan materi tentang keselamatan berlalulintas oleh Bripka Muhtar dengan tata cara berkendara, Pasalnya kata dia, Kecelakaan terjadi karena adanya pelanggaran lalu lintas, seperti yang sering terjadi pada driver yang berprofesi sebagai kurir yaitu menggunakan handphone saat berkendara.

“Salah satu penyebab Kecelakaan itu menggunakan ponsel saat berkendara, melaju dengan kecepatan tinggi, diharapkan para driver kurir saat berkendara itu lebih hati-hati dengan tidak melanggar peraturan lalu lintas”Katanya.

Sementara itu Andi Emha dari BPJS Ketenagakerjaan menjelaskan manfaat dan perbedaan Antara BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta Jasa Raharja.”Kalau kecelakaan kerja di cover BPJS Ketenagakerjaan,kalau sakit seperti sakit gigi,jantung ranahnya BPJS kesehatan dan jika kecelakaan tunggal tidak di cover oleh Jasa Raharja tapi dari BPJS ketenagakerjaan di cover, dan jika perawatan diatas Rp.20.000 juta juga di cover BPJS ketenagakerjaan,”katanya


Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi ini adalah Kolaborasi Jasaraharja Samsat Kolaka Utara Dan Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kolaka Utara serta BPJS Ketenagakerjaan. Memberikan pemahaman tentang keselamatan berlalu lintas. Petugas Jasa Raharja Samsat Kolut Rais Abin Burhanuddin bersama Kanit Dikyasa Sat.Lantas Polres Kolaka Utara Bripka Muhtar serta Pihak BPJS ketenagakerjaan Andi Rachma Nuraji memberikan pemahaman Keselamatan Berlalu Lintas, BPJS ketenagakerjaan Serta Peran Dan Fungsi Jasa Raharja Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img