Jelang Ramadhan Pemda Kolaka Utara Gelar Operasi Pasar

Jumat, 20/3/2020, Pasar Sentral Lacaria Lasusua menjadi titik pantau tim gabungan yang melakukan Operasi Pasar guna memantau harga – harga dan ketersediaan bahan pokok.

Tim Operasi Pasar dikoordinir langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asdar) dan melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait diantaranya Dinas Perdagangan, Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Bagian Ekonomi Setda serta Satuan Polisi Pamong Praja Kolaka Utara.


Kegiatan ini rutin dilakukan terutama menjelan bulan suci ramadhan dan hari besar lainnya. Kegiatan pemantaun ini merupakan rangkain dari pemantau di pasar tradisional yang telah dikunjungi sebelumnya seperti Pasar Meeto di Kecamatan Kodeoha dan Pasar Beringin di Kecamatan Ngapa.

Menurut Pak Asdar setelah berkeliling dibeberapa pasar tradisional berdasarkan hasil pemantauan belum terjadi lonjakan harga yang signifikan dan dianggap masih dalam batas normal serta ketersediaan stok bahan pokok masih stabil, ” kenaikan harga masih relatif dan masih dianggap normal, hanya gula pasir yang kenaikannya cukup tinggi”, ucap beliau.

Selain Pasar Lacaria tim gabungan juga melakukan pemantauan dibeberapa kios dan toko-toko grosir yang ada di lasusua, dari hasil pemantau juga ditemukan beberapa jenis barang yang expired atau kadaluwarsa, barang-barang tersebut ditarik atau diamankan Pol. PP untuk didata dan dimusnahkan, sekaligus menghimbau kepada pedagang agar tidak menjual barang-barang yang sudah kadaluwarsa.


Penulis : Andi Taslim (Diskominfo)

Komentar