Jemaah Haji Kolut di Jemput Ribuan Keluarga

Sebanyak 150 orang jemaah haji Kolaka Utara kembali ke tanah air sejak 25 September lalu dan kembali menginjakkan kaki di Bumi Patampanua Rabu (27/9) di sambut haru ribuan keluarga yang memadati Pelabuhan Katoi.

Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya para keluarga yang tak sabar menanti itu saling berebut memeluk, bahkan mencium jemaah yang baru tiba. para pengunjungpun saling dorong hanya sekedar untuk berjabat tangan dengan Jemaah haji agar mendapatkan berkah.

Selama 45 hari jemaah haji Kolaka Utara meninggalkan keluarga, sahabat dan Kerabat  di tanah air, jumlah jemaah haji Kolaka Utara saat berangkat dan kembalipun dengan jumlah yang sama.

“Alhamdulillah jemaah kita berangkat pada 14 Agustus 150 orang dan setelah menunanaikan ibadah haji selama 45 hari kembali dengan jumlah yang lengkap, namun yang tiba di pelabuhan Katoi hanya 129 orang karena ada yang singgah di Kabupaten Maros, Bone, Wajo dan Siwa”terang Kepala Kementerian Agama Kolaka Utara Drs.Andi Baharuddin.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa dirinya sangat berbangga pada jemaah Haji Kolaka Utara pasalnya dari penyataan Pembimbing Ibadah haji serta kepala kloter 21 meenyatakan bahwa salah kabupaten selama pelaksanaan ibadah haji hanya jemaah haji Kolaka Utara yang taat, Patuh, mandiri serta disiplin jika dibandingkan kabupaten lain yang tergabung dalam kloter 21.

“Pada sat manasik haji jemaah haji Kolaka Utara memang didik untuk menjadi jemaah haji yang mandiri tidak tergantung pada kepala kloternya dan alhamdullillah di tanah suci mereka mandiri,”Terangnya.

Jemaah Haji Kolaka Utara Tiba di pelabuhan Katoi

Sementara itu dikatakan Asisten III Sekda Kolaka Utara yang mewakili Bupati Kolaka Utara Drs Nur Rahman Umar berpesan agar para jemaah Kolaka Utara mampu menjadi haji yang mabrur pasalnya agar mereka lebih intensif dalam kegiatan keagamaan dan sosial di masyarakat karena mereka menjadi barometer di lingkunganya.

“Nilai kemakmuram terdiri dari dua dimensi  yaitu dimensi Vertikal meningkatkan ibadah keagamaan sementara dimenso sosial meningkat  ibadah sosial, para jemaah haaji kolaka utara mudah-mudahan menjadi haji yang mabrur”Katanya.

Sekedar untuk diketahui 150 orang jemaah haji Kolaka Utara yang mengunjungi rumaah Allah itu ikut dalam rombongan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara H.Jumarding dari partai Demokrat.

Komentar