28 C
Kendari
Jumat, 21 Juni 2024

Jemaah Haji Termuda dan Tertua di Sulawesi Tenggara Berasal dari Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sabtu (1/6), Jemaah Haji Kolaka Utara dilepas langsung oleh Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, di Pelabuhan Katoi menuju embarkasi Makassar. Dalam acara pelepasan tersebut, hadir para pejabat tinggi, Forkopimda, dan para tokoh masyarakat.

Dalam pemberangkatan haji Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menyampaikan kebanggaannya karena jemaah haji termuda dan tertua di Sulawesi Tenggara tahun 2024 berasal dari Kabupaten Kolaka Utara.

“Usia tertua menunjukkan bahwa kita diberkahi dengan kesehatan yang luar biasa. Di tengah angka harapan hidup yang berkisar 70-80 tahun, Pak Mide dengan usia 98 tahun masih sehat dan bisa menunaikan ibadah haji. Sementara itu, Nurfadillah yang berusia 19 tahun mencerminkan kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara, di mana di usia muda sudah mampu mengumpulkan dana untuk menunaikan ibadah haji. Ini adalah kebanggaan tersendiri bagi saya dan masyarakat Kolaka Utara,” ujarnya.

Pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Kolaka Utara juga telah memastikan bahwa pembiayaan kegiatan pemberangkatan jemaah haji tahun 2024 tetap dipertahankan 100%. “Menjalani proses perjalanan haji lebih dari 40 hari adalah momen yang sangat berharga, dari berangkat sampai kembali. Semoga ibadah haji ini menjadi sarana untuk memperluas ukhuwah islamiyah di antara sesama jemaah,” Jelasnya.

Kepala Kementerian Agama, Alimuddin, S.Ag, mengumumkan rincian jemaah haji tahun 2024 dari Kabupaten Kolaka Utara. Sebanyak 125 jemaah siap berangkat. Alimuddin menyatakan bahwa pemeriksaan kesehatan melalui empat tahap, termasuk manasik haji yang diadakan di dua lokasi berbeda.

“Pelatihan manasik haji di tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 5-6 Mei dan dibuka langsung oleh Bupati Kolaka Utara. Selanjutnya, manasik tingkat kecamatan dilakukan sebanyak delapan kali. Transportasi untuk jemaah haji menggunakan angkutan laut dan darat dengan kerjasama antara pemerintah daerah dan penyedia jasa angkutan.,”Jelasnya l.

Lebih lanjut dia menyatakan Jadwal keberangkatan jemaah haji Kloter 31 dari Kolaka Utara dimulai pada 1 Juni 2024 menuju Embarkasi Makassar, dengan penerbangan ke Jeddah pada 3 Juni 2024 menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Jemaah akan kembali dari Madinah pada 18 Juli 2024 dan tiba di Makassar pada hari yang sama, kemudian kembali ke Kolaka Utara pada 19 Juli 2024.

Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel, M.Si, juga menekankan pentingnya dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat. “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi semangat para jemaah haji dari Kolaka Utara. Pembiayaan dan segala persiapan telah dipastikan berjalan lancar. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan jemaah selama menunaikan ibadah haji,” kata Buhari.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Resmikan Jalan yang Dibangun CSM

Rabu (19/7) Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri peresmian jalan rabat beton sepanjang 2,8...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img