23.9 C
Kendari
Jumat, 24 Mei 2024

Antisipasi Kades Masuk Bui, Kejaksaan dan Polres Kolaka Utara Gelar Rakor Penggunaan Dana Desa.

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Besarnya dana desa yang digulirkan pemerintah sangat rentang penyelewengan yang mengakibatkan kepala desa masuk Penjara, untuk antisipasi hal tersebut Kejaksaan Negeri (Kajari) Bersama Polres Kabupaten Kolaka Utara dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) sosialisasi pendampingan penggunaan Dana Desa (DD) bersama 15 camat, serta 127 kepala desa se-Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Utara, Hendrina Malo mengungkapkan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga Kejaksaan membuka diri untuk para desa dan aparatnya untuk berkonsultasi penggunaan dana desa sehingga tidak ada lagi ke-tidaktahuan penggunaan dana yang milyaran tersebut.

“Tujuan kegiatan ini untuk membangun sinergitas dengan Pemerintah Daerah dalam rangka menerjemahkan butir ke-3 dari Nawacita Presiden menuju Indonesia hebat, yakni membangun Indonesia dari daerah pinggir dan desa sebagai ujung tombak pembangunan daerah memiliki peran penting,” terangnya, Rabu (12/10/2022).

Lebih lanjut, ia menuturkan,bahwa Kejaksaan saat ini hadir bukan untuk penindakan saja namun pembinaan, jika ada kepala desa sebelumnya terjerat kasus hukum karena penggunaan dana desa, bisa saja karena ketidaktahuan.

“Dengan adanya pengamanan, pengawasan, dan pendampingan oleh Kejaksaan dan Pemerintah Daerah, kedepan pengelolaan keuangan di desa jauh lebih baik sehingga Kolaka Utara lebih maju dan sejahtera.Pesan saya kepada para Kepala Desa mari kita menjaga Kolaka Utara ini agar lebih bagus dan sejahtera, dengan tidak ada korupsi khususnya dana desa,” Tuturnya.

Sementara itu, Pejabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE., M.Si sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi pendampingan penggunaan DD yang dilakukan Kejari.

“Sosialisasi pendampingan penggunaan dana desa yang dilakukan Kejaksaan hari ini merupakan terobosan luar biasa dan kami sebagai Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya.

Diapun menyampaikan terimakasih kepada Kajari Kolaka Utara yang telah meluangkan waktu untuk memberikan edukasi dan pembinaan kepada 127 kepala desa dalam rangka pencegahan penyalahgunaan DD.
“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kedepannya kita berharap tidak lagi terjadi penyalahgunaan DD,” tandasnya

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img