Kantor Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama di Kolaka Utara Mulai di Bangun

Senin (23/11/2020) Dua kantor pengadilan yakni kantor pengadilan negeri dan kantor pengadilan agama Lasusua mulai dibangun tahun ini dan direncanakan selesai tahun 2021 mendatang, Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Dr.H.A.S. Pudjoharsoyo,SH,M.Hum meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan.

Lokasi pembangunan dua kantor peradilan tersebut berada di jalan Adhyaksa dan mengapit Kantor Kejaksaan Negeri Kolaka Utara, pembangunan gedung kejaksaan tersebut dilaksanakan dengan sistem multiyears, 20 persen pengejaannya tahun 2020 dan 2021 dituntaskan.


Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar bahwa lokasi pembangunan kantor pengadilan sudah direncanakan Pemerintah daerah Kolaka Utara jauh sebelumnya berdekatan dengan Kantor Kejaksaan Negeri Kolaka Utara.

“Lokasi pembangunan kantor pengadilan sudah kami siapkan jauh sebelumnya, rencananya semua kantor vertikal di satukan di jalur dua kantor DPRD namun lokasi yang tidak cukup sehingga kantor Kodim, LPM dan KPU akan dibangun di daerah Totallang,”Ujarnya.

Kurang lebih satu tahun sudah Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama berada di Kolaka utara namun masih menempati kantor sementara dan kehadirannya tersebut membantu masyarakat Kolaka Utara dan para penegak hukum sehingga pada saat bersidang tidak lagi di Kabupaten Kolaka.

Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Dr.H.A.S. Pudjoharsoyo,SH,M.Hum menyatakan dalam sambutannya bahwa pembangunan kantor pengadilan Negeri Lasusua berasal dari dipa APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp. 22.234.000.000,” 20 persen dananya tahun ini sementara 80 persen anggaran untuk tahun 2021,”Katanya. (L)

Komentar