Kodeoha Memulai Rutinitas Pengajian dan Tadarrus Al-Quran Secara Bergiliran di Mesjid-Mesjid Desa Untuk Cita-Cita Kolaka Utara Yang Madani


Menurut Wikipedia : Masyarakat Madani (dalam bahasa Inggris: civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya. Kata madani sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya civil atau civilized (beradab).


Menyelaraskan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dengan semangat keber-agamaan adalah salah satu misi yang diemban Kabupaten kolaka utara agar bisa mewujudkan Visi Kolaka Utara yaitu menjadi Kabupaten Madani di Sulawesi Tenggara.

Misi ini mencakup upaya umum dalam menggalakkan perbaikan mental spiritual pada seluruh elemen dan pemangku kepentingan kabupaten Kolaka Utara baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat, salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah Meningkatkan pembinaan budi pekerti luhur bagi ASN dan masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai religius.


Merujuk pada rumusan Visi dan Misi Kabupaten Kolaka dan untuk mendukung Program Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahman Umar dan Wakilnya H. Abbas dibidang spriritual keagamaan yaitu Pengajian dan Tadarrus Al-Quran, maka setiap malam Jum’at diadakan Pengajian dan Yasinan yang dilakukan secara bergiliran di Mesjid- Mesjid Desa Di Kecamatan Kodeoha.

Pengajian rutin kecamatan kodeoha diinisiasi oleh Camat kodeoha Hidayat Saing,SS.,M.Si, telah digelar secara bergantian di desa-desa, dimulai dari Mesjid Desa Koroha, Kelurahan Mala-Mala, Desa Meeto dan seterusnya,  dan dihadiri oleh Kapolsek Kodeoha bersama anggota, Kepala Puskesmas Mala-mala dan Staf, Staf Kelurahan Mala-Mala, Kepala Desa , SEKDES dan aparat desa.

Harapan Camat Kodoeha semoga kegiatan ini mampu menjadi wadah pembinaan akhlak bagi ASN dan semoga kegiatan ini mampu meningkatkan semangat beribadah sehingga kedepannya semakin banyak masyarakat yang mengikuti kegiatan ini.


كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

Artinya : “Kamu adalah umat terbaik untuk seluruh umat manusia. Kamu menyuruh kepada yang ma’ruf, mencegah yang munkar untuk beriman kepada Allah. Apabila Ahli kitab beriman, maka itu lebih baik bagi mereka, ada yang beriman diantara mereka, dan kebanyakan mereka adalah fasik. QS Ali Imran 3:110


Click Listen Browser untuk di ponsel

Di tulis Oleh: Armi Hasanuddin (Staff Kantor Kecamatan Kodeoha | NIP 19790516 201402 2 002. Editor Oleh : Diskominfo, Statistik & Persandian Kolaka Utara

Komentar