29.3 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Kemendagri: Kolaka Utara Tiga Besar Tercepat Dalam Penyerapan Anggaran

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Rapat Koordinasi Langkah Percepatan Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) Tito karnavian Selasa (2/25/2021). Dalam rapat koordinasi tersebut Kemendagri menyebut Kolaka Utara sebagai salah satu kabupaten tercepat penyerapan anggarannya dan masuk dalam urutan Tiga besar.

Rapat koordinasi tersebut diikuti secara virtual oleh wakil Bupati Kolaka Utara H.Abbas S.E dan atas pencapaian tersebut, Wabup menyatakan apresiasinya terhadap kinerja OPD beserta jajarannya telah bekerja maksimal “Realisasi penyerapan anggaran APBD tahun 2021 Kabupaten/Kota berdasarkan persentase yang dilakukan Kemendagri terhadap penyerapan anggaran secara nasional di atas 19,99% per 21 Mei 2021, dimana Kabupaten Kolaka Utara berada pada agregasi urutan ke 3 (tiga) dengan nilai 32,05%.” Katanya.

Dengan pencapaian yang dimiliki Kolaka Utara dalam penyerapan anggaran agar pertumbuhan ekonomi Kolaka Utara juga meningkat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat”kita harapkan dengan penyerapan anggaran ini pertumbuhan ekonomi meningkat”Harapnya.

Sementara itu Kemendagri menyatakan bahwa dengan banyaknya daerah di Indonesia yang tingkat pertumbuhan ekonomi dan daya serap APBD nya sangat rendah itu disebabkan karena adanya pandemi covid 19 namun pertumbuhan ekonomi harus tetap menjadi fokus perhatian.

“Waktu yang tersisa bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mencapai target belanja daerah yang telah ditetapkan. kepala daerah harus berkomunikasi intens dengan unsur-unsur terkait seperti Forkopimda, BPKP serta pihak KPK jika terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan penyerapan anggaran. Kementerian Dalam Negeri memberikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah mencapai daya serap APBD yang tinggi dan pertumbuhan ekonominya mencapai nilai Plus.”Tandasnya. (L)

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img