Kepala Kemenag Kolaka Utara Buka Kegiatan Workshop Peningkatan Profesi Guru

MTsN 1 Kolaka Utara (Kolut) mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Profesi Guru bersama dengan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di Multimedia MTsN 1 Kolut, Senin (25/11/2019).

Kepala MTsN 1 Kolaka Utara Sarajuddin  mengatakan, Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 23 sampai 25 November 2019, dan di ikuti oleh Guru di Lingkungan KKM MTsN 1Kolut sebanyak 53 orang.

Menurutnya, Kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru melalui Program Pelatihan Peningkatan Profesi Guru di Lingkungan KKM MTsN 1 Kolut. 

Sementara itu Kakan Kemenag  Kolaka Utara  H.  Baharuddin, dalam sambutannya, menguraikan tugas dan fungsi segenap elemen  yang ada di lingkungan madrasah mulai dari kepala madrasah, staf tata usaha, guru, dan peserta didik.

Menurutnya, kepala madrasah adalah manajerial madrasah  yakni kemampuan menyusun organisasi personal dengan uraian tugas sesuai dengan standar yang ada. Dan kemampuan menggerakkan stafnya dan segala sumber daya yang ada. Sedangkan staf tata usaha harus lebih fokus pada urusan administrasi madrasah. Dan  guru bertanggung  jawab menyelesaikan tugas utama dan kewajibannya sebagai pendidik sesuai dengan yang dibebankan kepadanya yakni mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan beban kerja paling sedikit 24 jam tatap muka. Apabila semua personal sudah mengetahui dan melaksankan tusinya, maka madarsah menjadi baik dan kondusif.

“Bekerjalah sesuai dengan tugasnya masing-masing dan dalam bekerja harus ikhlas. Karena apabila dilaksanakan dengan ikhlas maka selain mendapatkan imbalan materi (gaji) juga menjadi ladang pahala menuju Jannah,” ucapnya.

Lebih lanjut Baharuddin menjelaskan bahwa guru harus ada peningkatan mutu pendidikan untuk menunjang pelaksanaan tugas dan profesi guru khususnya di Lingkungan KKM  MTsN 1Kolut. “Melalui kegiatan pelatihan  ini, guru di Lingkungan  KKM MTsN 1 Kolut harus lebih profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” ujarnya.

Kakan Kemenag berpesan, “Jadilah guru madrasah yang memiliki Integritas diri, ikhlas mengajar, ikhlas mendidik,  menjadi fasilitator, dan motivator yang baik,”  pungkasnya.


Sumber : Kemenag
Penulis : SUPRIATI, S.Pd./MTsN 1 Kolaka Utara

Komentar