25.3 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Kinerja Dukcapil Kolaka Utara Lampaui Target Nasional di Tahun 2023

Penting Dibaca
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipilhttp://kolutkab.go.id
Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Kolaka Utara

Dukcapil Kolaka Utara Sumbang Prestasi Luar Biasa dengan Pencapaian KTP EL, KIA, dan Akta Kelahiran

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kolaka Utara sukses mengakhiri tahun 2023 dengan torehan prestasi yang luar biasa. Ketiga indikator kinerja layanan, yaitu KTP EL, KIA (Kartu Identitas Anak), dan Akta Kelahiran, berhasil melampaui target nasional, menandakan pencapaian gemilang dalam upaya pelayanan Adminduk.

Pencapaian paling mencolok terjadi pada perekaman KTP EL, yang sebelumnya selalu di bawah target nasional. Pada tahun 2023, perekaman KTP EL di Dukcapil Kolaka Utara melebihi target nasional sebesar 99,4%, dengan terealisasi sebanyak 96.766 jiwa dari wajib KTP EL sebanyak 96.947 jiwa, mencapai 99,81%.

Kepala Dinas Kependudukan  dan Pencatatan  Sipil (Dukcapil) Drs.Buhari Hamid,MM mengungkapkan kebahagiannya  “Alhamdulillah, akhir tahun 2023 ditutup dengan manis, tiga indikator kinerja layanan Dukcapil Kolaka Utara melampaui target nasional. Ini menunjukkan dedikasi tinggi dari seluruh pegawai Dukcapil Kolaka Utara.”Katanya.

Dukcapil Kolaka Utara juga mencatat pencapaian pada kepemilikan KIA sebesar 50,18%, melampaui target nasional 50%, dan kepemilikan Akta Kelahiran mencapai 99,34% dari target nasional 97%.

Prestasi ini tidak lepas dari kinerja dan disiplin tinggi seluruh pegawai Dukcapil Kolaka Utara. Namun, inovasi juga memainkan peran sentral dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan Adminduk. Inovasi Si LAKU O2T, yang telah meraih Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik pada tahun 2022, terus dikembangkan dan disempurnakan.

“Inovasi Si LAKU O2T telah menjadi pilar keberhasilan kami. Dengan 12 sub inovasi, kami ingin memberikan kemudahan dan mendekatkan layanan Adminduk kepada masyarakat,” ungkap Buhari.

Beberapa sub inovasi Si LAKU O2T antara lain La Oftamu di Kantor, La Onduku di Rumah, La Terintegrasi, La Jebola ke Desa, La Jebola ke Sekolah, La Jebola Khusus, La Jebola IKD, La Cedoka di Kantor Desa, La Kurir ANDA ke Rumah, La Katrine Bunda, La Pengaduan Online, dan Anugerah DukcapilKU.

“Inovasi ini memberikan kemudahan akses dan memastikan layanan Adminduk yang ramah, mudah, cepat, gratis, dan bebas dari pungli. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas layanan kami,” tambahnya.

Prestasi dan inovasi Dukcapil Kolaka Utara menjadi bukti nyata bahwa pelayanan publik dapat dihadirkan secara efisien dan efektif, mendekatkan diri dengan masyarakat. Inovasi Si LAKU O2T membuktikan bahwa memudahkan akses layanan Adminduk adalah tujuan yang dapat dicapai, membawa paradigma baru bahwa, “kalau bisa dipermudah mengapa harus dipersulit”.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img