24.6 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Kolaka Utara Berangkatkan Tiga Kloter Calon Jemaah Haji

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Musim Haji 1440 Hijriah Bumi Patampanua Kolaka Utara mengirim Calon Jemaah Hajinya (Calhaj) sebanyak Tiga Kloter yakni Kloter 25,26 dan 28 yang hari ini secara resmi di lepas oleh pemerintah daerah Kolaka Utara bersama ribuan masyarakat yang memenuhi pelabuhan Katoi Selasa (23/7) yang akan bertolak ke Kota Daeng ke Makassar kemudian terbang ke Tanah Suci keesokan harinya.

https://youtu.be/c73hs1z6NSE
Video: Wakil Bupati Kolaka Utara ( H. ABBAS, SE) Melepas keberangkatan calon jamaah haji tahun 2019 sebanyak 176 orang di pelabuhan katoi Kolaka Utara

Dikatakan Kepala Kementerian Agama Kolaka Utara Drs.Baharuddin bahwa Jemaah Haji yang diberangkatkan hari ini (red:23/7) akan kembali ke tanah air kloter 25 dan 26 akan kembali pada tanggal Enam (6) September sementara yang tergabung dalam kloter 28 akan kembali Delapan (8) september mendatang.“Dari 176 jemaah haji, 3 orang tergabung kloter 25, 35 orang tergabung kloter 28 dan 138 orang tergabung kloter 26

jemaah-haji-kolaka-utara
Saat pemberangkatan, salah satu calon jemaah haji kolaka utara lambaikan tangan ke keluarga di Pelabuha Katoi (23 Juli 2019)

Lebih lanjut dia menjelaskan tahun ini sebanyak 190 Jemaah Haji Kolaka Utara yang mendapatkan nomor porsi, namun yang melakukan pelunasan hanya 177 orang, Batal Tunda 17 Orang,”dari jemaah haji yang melunasi ada yang sudah kami berangkatkan ada yang belum diberangkatkan, dari jamaah itu ada porsi jadi ada porsi cadangan, dari Empat cadangan kita, alhamdulillah tiga orang mendapatkan sit, satu orang belum terakomodir karena tidak ada sit yang kosong,”tuturnya,

Lebih lanjut Drs.Baharuddin menjelaskan bahwa dari jumlah jamaah Kolaka Utara 177 orang dan Satu orang meninggal Dunia sebelum berangkat dan yang diberangkatkan sebanyak 176 Orang, dan untuk wilayah Sulawesi Tenggara Jemaah Termuda dan Tertua berasal dari daerah Otoritas Nur Rahman Umar yakni termuda 18 tahun dan tertua 101 tahun.

“Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji kita sampai tahun ini 3612 orang dan akan diberangkatkan sampai 20 tahun kedepan, dari 15 kecamatan di Kolaka Utara hanya satu kecamatan yang tidak ada utusannya yakni Kecamatan Tolala,”tuturnya.

Sementara itu Dikatan Wakil Bupati Kolaka Utara H. Abbas, SE sebelum melapas Jamaah haji bahwa 176 orang jemaah haji yang mendapatkan panggilan haji itu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyempurnakan rukun Islam yang ke-Lima.

“saya mengingatkan sekaligus menghimbau agar senantiasa menjaga kondisi kesehatan dengan sebaik-baiknya demikian juga pengetahuan tentang ibadah haji, masalah kesehatan menjadi bagain yang sangat penting untuk kesempurnaan ibadah haji yang dilakukan di maktul Mukarammah,”tuturnya.

Lebih lanjut Wabup meminta jemaah haji Kolaka utara bisa menjaga nama baik daerah dan negara pasalnya jemaah Kolaka Utara merupakan duta Kolaka Utara,”kebiasaan yang kurang bagus yang pernah dilakukan ditanah air semoga tidak terulang lagi apalagi di tanah suci mekkah, sesampai ditanah air mampu menjadi inspirator atau pendorong ummat islam dalam rangka menyiarkan syiar islam,”tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img