27.7 C
Kendari
Sabtu, 13 April 2024

Kolaka Utara Gelar Pangan Murah untuk Menanggulangi Inflasi

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pemerintah Daerah Kolaka Utara mengambil langkah cepat dengan menggelar Gerakan Pangan Murah untuk mengatasi potensi inflasi yang dipicu oleh kenaikan harga pangan akibat fenomena El Nino, Senin (16/10/2023)

Dalam momen memperingati Hari Pangan Sedunia. Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taupik S, secara langsung memantau dinamika harga pangan di lapangan, menyoroti pentingnya ketersediaan kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

Jelaskan Apa Itu El Niño? Klik untuk melihat jawaban dan menutup jawaban

El Niño adalah fenomena pemanasan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur yang terjadi secara tidak teratur. Fenomena ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia.

Penyebab El Niño adalah perubahan angin pasat di Samudra Pasifik. Angin pasat biasanya bertiup dari timur ke barat, membawa air laut hangat dari permukaan ke arah barat. Namun, pada saat El Niño terjadi, angin pasat melemah atau bahkan berbalik arah, sehingga air laut hangat tidak terbawa ke arah barat. Hal ini menyebabkan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur menjadi lebih hangat dari biasanya.

Dampak El Niño di Indonesia antara lain:

  • Kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama di Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi.
  • Peningkatan intensitas kebakaran hutan.
  • Penurunan produksi pertanian.
  • Peningkatan risiko penyakit.

El Niño biasanya terjadi setiap 2-7 tahun sekali, dengan durasi 9-12 bulan. Namun, ada juga El Niño yang berlangsung lebih lama, yaitu hingga 2 tahun.

Jawaban ini mungkin disediakan oleh kecerdasan buatan


“Gerakan pangan murah ini adalah kegiatan memperingati hari pangan sedunia yang dilakukan secara nasional dan dilakulan secara virtual, kita harapkan pangan murah ini tepat sasaran dan mengatasi inflasi,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dalam penanganan inflasi pemda Kolaka Utara berhasil menangani inflasi dan mendapatkan dana Fiskal kurang lebih 10 Milyar Rupiah.

“Alhamdulillah, gerakan penanganan inflasi kolaka utara telah membawa hasil yang signifikan, tercermin dari pemberian insentif fiskal sebesar 10 miliar rupiah. Upaya pengendalian inflasi ini adalah hasil dari kerja keras dan sinergi bersama, melibatkan seluruh elemen pemerintah daerah serta stakeholder terkait,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara.

Melalui Gerakan Pangan Murah, beberapa produk kebutuhan pangan masyarakat dijual dengan harga murah, Harga telur 45.000/rak, Beras SPHP 49.750/kg, Minyak Goreng kita 13.000/liter, minyak goreng Sabrina 14.000/liter, Gula Pasir 14.000/kg dan ikan sarden kecil ABC 13.000/kaleng, sarden besar biasa 20.000/kaleng, sarden AbC besar 25.000/kaleng.

Tindakan konkret ini diharapkan dapat membawa dampak positif yang substansial bagi masyarakat, membantu mengatasi tantangan kenaikan harga pangan dan inflasi yang dihadapi. Pemerintah meyakini bahwa dengan peran serta masyarakat dan komitmen bersama,

“Gerakan Pangan Murah ini akan menjadi model efektif dalam menjaga stabilitas harga pangan serta ketersediaan kebutuhan pokok bagi seluruh lapisan masyarakat,” Tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img