27.5 C
Kendari
Kamis, 20 Juni 2024

Kolaka Utara Gencarkan Sensus Stunting,  Penjabat Bupati Tinjau Posyandu di Desa Puurau

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendataan dan pencegahan stunting, Penjabat Bupati Kolaka, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, melakukan kunjungan langsung ke desa Puurau, Kecamatan Ngapa. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memantau secara langsung proses pelayanan Posyandu sebagai bagian dari Gerakan Bulan Sensus Stunting yang berlangsung pada Senin (8/6).

Dalam kunjungannya, Dr. Sukanto Toding meninjau berbagai tahapan pelayanan di Posyandu, mulai dari pendaftaran, pengukuran, penyuluhan kesehatan, hingga pemberian imunisasi dan makanan bergizi untuk anak-anak. Program ini merupakan upaya optimalisasi sistem pendataan stunting yang diharapkan mampu mencapai cakupan minimal 95 persen.

“Kegiatan bulan stunting ini adalah upaya kita untuk mengoptimalkan sistem pendataan. Saat ini, kita baru menjangkau sekitar 75 persen, sehingga dengan gerakan selama satu bulan ini, kita berencana mengoptimalkan sistem pendataan hingga mencapai minimal 95 persen. Dengan demikian, kita dapat memastikan pencegahan stunting secara optimal,” ujar Dr. Sukanto Toding dalam keterangannya.

Ia juga menekankan pentingnya kehadiran masyarakat dalam kegiatan Posyandu dan memastikan setiap anak terdata dengan baik. “Biasanya, kalau ada yang tidak hadir di Posyandu, kita biasa-biasa saja. Namun sekarang, kita arahkan mereka untuk menjemput, memastikan apakah mereka baik-baik saja atau sedang keluar daerah. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan sistem pendataan yang optimal,” tambahnya.

Dr. Sukanto Toding menjelaskan bahwa gerakan ini tidak hanya fokus pada pendataan, tetapi juga pada peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya gizi dan kesehatan anak. “Kami ingin masyarakat memahami bahwa gizi dan kesehatan anak adalah investasi jangka panjang bagi masa depan bangsa. Melalui Posyandu, kita tidak hanya mengumpulkan data tetapi juga memberikan edukasi dan layanan kesehatan yang berkualitas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dr. Sukanto Toding berharap adanya dukungan dari semua elemen masyarakat dalam menyukseskan Gerakan Bulan Sensus Stunting ini. “Dengan dukungan dari semua elemen, kita bahu-membahu dalam sensus stunting ini. Insya Allah, dengan kerja keras kita selama satu bulan ini, Kabupaten Kolaka Utara bisa mendapatkan data yang optimal, valid, dan kredibel,” pungkasnya.

Melalui gerakan ini, pemerintah daerah Kolaka Utara berkomitmen untuk memperkuat sistem pendataan dan memastikan setiap anak mendapatkan layanan kesehatan yang memadai, demi masa depan yang lebih sehat dan sejahtera. Dr. Sukanto Toding menegaskan bahwa langkah ini adalah bagian dari upaya jangka panjang untuk menurunkan angka stunting di wilayah tersebut, sekaligus meningkatkan kualitas hidup generasi mendatang.

Dengan demikian, Kabupaten Kolaka Utara bertekad untuk menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal penanganan stunting, melalui kerjasama dan komitmen yang kuat dari pemerintah serta masyarakat.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Resmikan Jalan yang Dibangun CSM

Rabu (19/7) Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri peresmian jalan rabat beton sepanjang 2,8...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img