29.7 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Kolaka Utara Jadi Yang Terbaik Di Sulawesi Tenggara Dalam Penyerapan APBD 2021 dan Terbaik 2 Nasional

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Kabupaten Kolaka Utara kembali menorehkan prestasi di awal tahun 2022 atas keberhasil meraih penghargaan Terbaik pertama Se Sulawesi Tenggara dalam realisasi APBD Tahun 2021 dan terbaik ke-2 secara nasional karena telah berhasil merealisasikan APBD dengan presentase 96,49 Persen.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas Rabu (26/1/2022) di salah satu Hotel di Kota Kendari ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Dr.Taupik.S.

Penyerahan dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Evaluasi Anggaran belanja daerah dan percepatan pelaksanaan anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten dan Kota Se Sulawesi Tenggara.

Percepatan penyerapan APBD tahun 2021 merupakan samah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih dilanda Pandemi Covid-19.

Kegiatan rakor evaluasi merupakan bentuk tanggungjawab bersama dalam rangka percepatan roda pembangunan di sulawesi tenggara, selain itu, untuk mengetahui seberapa besar serapan anggaran tahun 2021, yang kemudian menjadi bahan evaluasi dan perbaikan di tahun 2022.

“Pemerintah daerah dapat memahami esensi dalam penerapan norma yang terkandung dalam pengelolaan keuangan daerah seperti yang diamanatkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah”Ujar Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas.

Wakil Gubernur Sultra juga mengingatkan kepada pemerintah daerah serta kepada hadirin peserta rapat koordinasi evaluasi ini, bahwa pengelolaan keuangan harus dikelola dengan baik, profesional, porposional, transparan, bertanggungjawab, dan memenuhi prinsip-prinsip pengelolaan keuangan.

“Setelah dokumen APBD telah diserahkan, maka proses lelang barang jasa maupun modal tahapannya sudah dimulai saat ini, seperti penandatanganan kontrak yang sesuai perundangan yang berlaku agar dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Tidak lama lagi BPK RI akan melakukan audit atas laporan keuangan tahun anggaran 2021 sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan tahun 2021, dan perlu disiapkan sejak saat ini”Tandasnya


Incoming Search: APBD Kolaka Utara Tahun 2020, Apbd Kolaka Utara Tahun 2021, APBD Kolaka Utara Tahun 2022




- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img