30.1 C
Kendari
Jumat, 24 Mei 2024

Kolaka Utara Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Setelah 8 Tahun

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pada malam Penghargaan Swasti Saba Kabupaten atau Kota Sehat (KKS) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tahun 2023, yang digelar di Grand Ballroom Hotel Kempinski pada Selasa (28/11), Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan  atas dedikasi dan kerja keras yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam memajukan bidang kesehatan di wilayah Bumi Patowanua.

Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dalam pernyataannya menyatakan, “Penganugerahan ini adalah hasil dari dedikasi dan kerja keras semua pihak, termasuk masyarakat Kolaka Utara, dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan di daerah kita. Ini merupakan tonggak sejarah bagi Kolaka Utara dan akan menjadi motivasi lebih lanjut untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.”Harapnya.

Prestasi ini menegaskan komitmen Pemda Kolaka Utara dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat serta menjadi langkah signifikan dalam upaya-upaya pemerintah daerah dalam mencapai standar kesehatan yang tinggi.

“Penghargaan ini bukan hanya sekadar prestasi, tetapi juga simbol komitmen yang kuat dalam memberikan perhatian serius terhadap kesehatan publik. Dengan pengakuan ini, Pemerintah Kolaka Utara merencanakan langkah-langkah lebih lanjut untuk meningkatkan layanan kesehatan, memperluas akses terhadap fasilitas medis, serta menggalakkan program-program pencegahan yang lebih efektif,”Jelasnya.

Penghargaan Kabupaten Sehat Kata dia bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan menjadi dorongan bagi Kolaka Utara untuk lebih berinovasi dalam layanan kesehatan. “Pemerintah daerah berkomitmen untuk melanjutkan upaya-upaya progresif guna menjadikan Kolaka Utara sebagai contoh kabupaten yang tidak hanya mandiri secara kesehatan, tetapi juga berkelanjutan dalam memajukan kesejahteraan masyarakatnya.”Tandasnya.

Sementara itu Irham SKM, M.Kes, Kadis Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara, menegaskan  “Prestasi yang diraih saat ini adalah hasil kolaborasi semua pihak. Kami yakin, dengan kerjasama yang solid, prestasi ini tidak hanya bisa dipertahankan tapi juga ditingkatkan ke depannya. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi, memperluas akses layanan kesehatan, serta melanjutkan program-program yang lebih efektif demi kesejahteraan masyarakat Kolaka Utara.”Katanya.

Menurut Kepala Bidan Kesehatan Masyarakat, Harvey, S.Si.,M.Farm.,apt bahwa terdapat 9 aspek penilaian dalam KKS yang menjadi fokus dalam mendapatkan prestasi Kabupaten Sehat termasuk kehidupan mandiri yang sehat, pemukiman, pendidikan, pasar, pariwisata, transportasi, perkantoran, perlindungan sosial, serta pencegahan bencana.” Untuk Penilaian itu ada 9 Tatanan, dan ini penghargaan ke dua kali untuk Kolaka Utara yang pertama tahun 2015,” Jelasnya.

Harvey berharap kolaborasi dengan Pimpinan OPD terkait dan partisipasi masyarakat melalui forum Kabupaten Sehat Kolaka Utara akan terus ditingkatkan. “Tahun 2024 diantisipasi sebagai periode di mana fasilitas dan layanan akan semakin ditingkatkan untuk menciptakan masyarakat yang hidup sehat secara menyeluruh,” Tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img