Kolaka Utara Kembali Raih WTP yang Kelima Kalinya

Bumi Patampanua Kolaka Utara kembali meraih penghargaan di bidang keuangan dengan mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke Lima kalinya, opini WTP diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen perbendaharaan Sulawesi Tenggara Arif Wibawa kepada Bupati Kolaka Utara drs.Nurrahman Umar usai shoalat Jumat di Mesjid Agung Bahru Rasyad Wal Ittihad pada Jumat (11/10).

Momen tersebut menjadi istimewa karena pemberian penghargaan tersebut diserahkan langsung di Kolaka Utara, biasanya diserahkan di Jakarta bahkan dikementerian,”Kami selaku pemerintah Daerah kami menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada kementerian keuangan RI).

lebih lanjut dia menyatakan bahwa opini WTP merupakan sebuah supremasi penghargaan tertinggi di bidang pengelolaan manajemen keuangan daerah,dimana sebuah daerah dianggap berhasil menatausahakan keuangan dengan baik dari sisi kualitas penyajian yang lengkap sesuai dengan kaidah-kaidah akuntabilitas, ketaatan terhadap semua aturan yang menopang penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan daerah.

“Selain kita mampu menatausahakan keuangan dengan baik dan terpenting bahwa kita dapat membangun komitmen secara kolektif untuk menggunakan anggaran berbasis kinerja, artinya sekecil apapun anggaran yang kita gunakan seyogyanya dapat memberikan outcome dan impact sesuai yang kita harapkan atau yang sering kita sebut anggaran berbasis kinerja”,Katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa WTP yang kelima kalinya, pemerintah pusat dalam memberikan penilaian yang wajar dan objektif sehingga penghargaan ini patut telah menjadi pendorong bagi masyarakat Kolaka Utara untuk lebih serius lagi mengelola anggaran dengan baik.

“melalui kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, garda terdepan dalam pengolahan keuangan yang berbasis kinerja. sungguh penghargaan ini tidak akan ada bahkan tidak akan berarti apa-apa tanpa kerjasama kolektif dari semuanya semuanya, marilah kita tingkatkan lagi kinerja kita sehingga ke depan bukan hanya mengejar WTP yang menjadi motivasi kita namun lebih dari itu, peningkatan kesejahteraan masyarakat kolaka utara sebagai impact dari kerja-kerja kita semua,”Tandasnya.


Lihat Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester I Tahun 2019 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI)

Komentar