Kolaka Utara Kembali Target Piala Kabupaten Sehat 2019

Sukses meraih Piala Kabupaten Sehat 2017 Silam, Kolaka Utara kembali menargetkan dapat memboyong piala bergensi di bidang kesehatan itu, dan sebagai upaya agar dapat kembali meraihnya Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara sejak dini berbenah untuk mengikuti Lomba yang rencananya akan diselenggarakan Bulan Depan.

Sebagai persiapan untuk kembali meraih raih Kabupaten Sehat Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Utara (Kolut), H. Abbas mengumpulkan seluruh perangkat kerja di aula Kantor Bupati Kolaka Utara guna menggelar rapat kordinasi, Rabu (31/7).

“Menghadapi penilaian ini tentunya ada hal-hal yang harus dilengkapi baik itu terkait fasilitas pendukung di lapangan yang tentu membutuhkan biaya. Untuk meminimalisir hal itu, budaya gotong royong oleh semua pihak sangat dibutuhkan Semua harus kita libatkan termasuk masyarakat untuk membangkitkan budaya gotong royong dan tanggap dini peduli lingkungan,”himbau Wabub.

Dalam penilaian ini Pemkab telah melayangkan sebelumnya usulan Fokus verifikasi lapangan meliputi objek wisata semisal Danau Biru yang mencakup poin didalamnya meliputi objek telah dikomersilkan, tersedia pojok P3K, pos pengamanan, toilet dan sarana air bersih, jaringan komunikasi dan fasilitas tanggap bencana. “Bagi pengelolah yang dianggap belum lengkap harap dilengkapi secepatnya dan dikordinasikan jika ada kendala dan usulan. Tidak lama,”katannya.`

Terkait lokasi yang menjadi penilaian ketahanan pangan difokuskan di Desa Latawaro dan lumbung pangan di Rante Angin. Sedangkan untuk tatanan kehidupan sehat dan mandiri mencakup puskesmas Lasusua dan Lapai. Adapun desa bebas BAB atau bebas buang air besar sembarangan memilih desa Landolia.

Tonggak penilaian tidak hanya fokus sampai disitu namun juga merambah pada pemukiman, sarana fasilitas umum hingga kawasan tanpa rokok. Persiapan sudah beberapa bulan lalu dilakukan Pemkab dan mulai dimaksimalkan sebelum penilaian antara tanggal 19-21 Agustus. “Di Sultra yang ikut dua kota madia dan dua kabupaten yakni Kolaka Utara dan Kolaka. Kolaka baru tahap pertama dan kita penilaian tahap II,” pungkasnya.

Komentar