Kolaka Utara Kembali Terima WTP yang Ke-6 Kalinya

Untuk ke-Enam Kalinya Kolaka Utara kembali Meraih penghargaan Tertinggi dalam pengelolaan keuangan dalam Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang di serahkan langsung Kepala Badan pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara Pada Rabu (24/Juni 2020). Penghargaan WTP tersebut diserahkan langsung Kepala BPK RI perwakilan Sulawesi Tenggara M.Ali Asyhar,SE AK, CSFA, CA.

Dikatakan Bupati Drs.H.Nurrahman Umar usai menerima penghargaan tersebut bahwa dirinya telah menerima hasil laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019  hal tersebut sebagai wujud pelaksanaan kewajiban Konstitusional BPK untuk menyerahkan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah.


“Syukur Alhamdulillah opini atas laporan keuangan pemerintah daerah  Kolaka Utara tahun anggaran 2019 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan opini tertinggi dalam penilaian LKPD,”Katanya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa prestasi yang diraih akan lebih memotivasi untuk terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sehingga menjadi kebanggaan yang harus di pertahankan.

“Opini WTP ini untuk menjawab kepercayaan yang telah diamanahkan untuk mewujudkan Wilayah bebas korupsi, upaya memperoleh dan mempertahankan opini WTP akan terus diupayakan merupakan bentuk tekad yang kuat untuk dilandasi komitmen seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara,” Katanya.

Dikatakannya bahwa kolaka Utara memiliki tekad yang kuat didalam membangun sistem tata kelola keuangan pemerintah daerah yang bersih “Salah satu indikator dari pencapaian tersebut adalah opini BPK RI terhadapnya laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten Kolaka Utara,”katanya.

Diberbagai kesempatan, Bupati terus menyerukan agar Pengelola Keuangan kepada Seluruh Jajaran Pemerintah Daerah bekerja keras memperbaiki dan menata Pengelolaan Keuangan pada setiap OPD melalui komitmen tekad yang kuat dari Kepala OPD yang dituangkan dalam Fakta Integritas dan Peningkatan SPIP

“Penyempurnaan kebijakan pengelolaan keuangan dan aset daerah dan revisi kebijakan akuntansi,Pendampingan dan Asistensi dengan BPKP baik dalam  Penyusunan LKPD, Pengelolaan Keuangan Daerah maupun Pengelolaan Aset Daerah Peningkatan Sumber Daya Manusia( SDM ) melalui penyelenggaraan Pelatihan bagi para Bendahara Penerima, Pengeluaran dan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) OPD,”tandasnya.

Penerimaan WTP dihadiri Ketau DPRD Kabupaten Kolaka Utara Buhari,S.Kel,M.Si, Sekretaris Daerah Taupik S., SP., M.M, Inspektur Daerah Drs.Alimus,MM dan Kepala BPKAD  Kamaruddin,SE.

Komentar