Kolaka Utara Kini Miliki Alat Deteksi Gempa dan Tsunami

Kolaka Utara merupakan daerah yang rawan gempa,sehingga alat pendeteksi gempa sangat diperlukan untuk mengetahui lebih dini gempa dan Tsunami, beberapa waktu lalu pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara mendapatkan bantuan pendeteksi gempa.

Alat pendeteksi gempa tersebut di sebut Warning Receiver System (WRS) atau sistem penerima peringatan dini informasi gempa bumi dan tsunami. Alat merupakan bantuan pemerintah pusat.

Warning Receiver System (WRS) itu dirinci terdiri dari perangkat display dengan tipe layar sentuh 55 inci, dengan power consumption 80-100 W. Perangkat komunikasi bagian outdoor meliputi antena, BUC dan LNB serta kabel antena ke modem 60 meter. Antena tersebut akan diarahkan menghadap timur.

“Perangkat support WRS itu untuk display berkapasitas 1000 VA atau 900 Watt, komunikasi 600 VA atau 540 Watt dan kemampuan back up 5-20 menit dan alat ini akan diaktifkan 24 jam,” Ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana BPBD Kolaka Utara

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa, alat tersebut juga mampu memberikan informasi ke BMKG pusat untuk menyebarluaskan informasi kepada lembaga perantara. “Di belakang kantornya memang telah ada alat pendeteksi milik BMKG di Kendari yang terpasang sebagai pendeteksi dan mengirim info ke pusat ibukota Provinsi Sultra”tandasnya. (L)

Komentar