27.8 C
Kendari
Kamis, 23 Mei 2024

Kolaka Utara Lolos Verifikasi Sebagai Kabupaten Layak Anak Upaya Peningkatan Perlindungan Anak

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Kabupaten Kolaka Utara di Sulawesi Tenggara telah berhasil lolos verifikasi sebagai kabupaten yang layak anak setelah melalui serangkaian pelaporan, evaluasi mandiri, dan akan segera dilakukan verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hal ini menandai langkah penting dalam upaya peningkatan perlindungan dan kesejahteraan anak di Kolaka Utara.

Pejabat Bupati Kolaka Utara Parinringi,SE,M.Si memimpin rapat gugus tugas Pra verifikasi Kabupaten Layak Anak tahun 2023. Dalam rapat tersebut, pejabat bupati mengimbau kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih memiliki catatan kurang pada penilaian yang dilakukan sebelumnya untuk segera memperbaikinya.

“Dalam rangka mewujudkan Kolaka Utara sebagai kabupaten layak anak, kami mengundang partisipasi semua pihak, termasuk OPD, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, Media, dan Forum Anak, untuk memberikan jawaban dan tanggapan yang positif saat verifikasi lapangan hybrid yang akan dilaksanakan pada tanggal 23,” ungkap pejabat bupati.

Proses verifikasi lapangan nantinya akan melibatkan tim ahli dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang akan mengevaluasi kesesuaian laporan pelaksanaan Kabupaten Layak Anak yang telah dilaporkan melalui website resmi atau evaluasi mandiri. Partisipasi aktif dan kolaborasi dari berbagai pihak diharapkan dapat mendukung pencapaian status Kabupaten Layak Anak bagi Kolaka Utara.

“Dalam usaha untuk menjadikan Kolaka Utara sebagai tempat yang aman, nyaman, dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan optimal bagi anak-anak, banyak program dan kebijakan telah diimplementasikan. Program-program tersebut mencakup peningkatan akses pendidikan, kesehatan, keamanan, dan perlindungan anak, “Katanya.

Kabupaten Kolaka Utara berkomitmen untuk memperkuat kebijakan perlindungan anak dengan melibatkan berbagai sektor terkait. Dengan meraih status Kabupaten Layak Anak, Kolaka Utara berharap dapat memberikan contoh bagi kabupaten-kabupaten lain di Indonesia dalam melindungi hak-hak anak dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan mereka.

Melalui langkah ini, Kolaka Utara telah menunjukkan keseriusannya dalam menjaga dan melindungi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat sangatlah penting untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Kolaka Utara dan memastikan hak-hak mereka terpenuhi.

Dalam rapat tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Dr. Taupik, S Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Muhlis Bahtiar, Kepala Pengadilan Agamanya Kolaka Utara dan para Kepala OPD serta tim gugus tugas lainnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img