24.2 C
Kendari
Rabu, 1 Februari 2023

16 Unit Ambulans Gratis Kolaka Utara Masih Akan menambah 5 Ambulans Lagi

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Saat Ini Kolaka Utara telah memiliki 16 unit mobil ambulans gratis 24 jam yang menjangkau 133 desa dan Kelurahan di bumi Patampanua dan di tempatkan di 16 Puskesmas, namun mobil ambulans tersebut belumlah cukup dan pasalnya tahun 2018 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara akan menambahkan Lima unit Ambulans lagi.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Kolaka Utara Alias,S.Km,M.Kes menjelasakan bahwa di tahun 2017 telah dianggarkan secara bertahap pengadaan mobil ambulans,”tahun lalu pertama ada lima unit dan ada 11 unit lagi jadi total ada 16 unit ambulans semuanya kan ditempatkan di 16 Puskesmas,”katanya.

Diapun menambahkan bahwa kebutuhan Lima unit mobil ambulans tambahan diperuntukan untuk mobil rujukan antar provinsi dan mobil jenasah, “Kita masih membutuhkan mobil rujukan pasien Tiga unit dan mobil Jenazah Dua unit pengadaanya tahun 2018,”terangnya.

Mobil jenazah dan mobil ambulans tersebut katanya penggunaanya berbeda pasalnya mobil ambulans tidak diperuntukan untuk mobil jenasah, karena mobil ambulan dipergunakan untuk pasien untuk jenasah “Kita pisahkan penggunaanya karena jika mobil jenasah di gunakan untuk pasien yang sakit itu kan rawan penyakit bisa-bisa pasien yang sakit ini tambah sakit, karena tertular penyakit dari jenasah, sehingga penggunaanya harus dipisahkan,”ujarnya.

Diapun menegaskan bahwa mobil ambulans tersebut gratis, sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun, kecuali untuk mobil ambulans dan mobil jenazah yang digunakan di luar Kolaka Utara akan dikenakan tarif namun, di sesuaikan dengan tarif yang di tetapkan melalui peraturan Bupati (perbup).

“Tidak ada penarikan sekecil apapun untuk ambulans kalau dalam wilayah Kolaka Utara, kecuali untuk ambulans dan mobil jenasah  diluar Kolaka Utara ada tarifnya sesuai dengan Perbup,”Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

3 Milyar Untuk Tambat Labuh Kapal Nelayan Kolaka Utara

Masyarakat Desa Lametuna Kecamatan Kodeoha, yang berprofesi sebagai nelayan sebelumnya keluhkan tidak adanya lokasi berlabuh kapal di muara sungai...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img