Kolaka Utara Masih Kekurangan Dokter

Kabupaten Kolaka Utara merupakan daerah pemekaran 12 tahun lalu yang masih membutuhkan tambahan banyak dokter umum maupun dokter gigi untuk ditempatkan bekerja di 16 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kolaka Utara.

Dijelaskan Kadis Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara Alias S.Km,M.Kes bahwa saat ini pihaknya membuka pendaftaran kepada dokter umum dan dokter gigi yang bersedia di Kontrak dan ditempatkan di puskesmas, apalagi kata dia bahwa saat ini masih ada Puskesmas yang belum memiliki Dokter.

“Masih Ada Puskesmas itu yang sama sekali tidak ada dokternya yaitu di Puskesmas Tolala, kita butuh saat ini setidaknya untuk puskesma Dua Dokter untuk Puskesmas yang memberikan perawatan seperti Lambai,Lasusua,Kodeoha, Ngapa,Pakue dan Batu Putih,”terangnya.

Diapun berharap dengan ditambahnya dokter di Puskesmas akan memberikan pelayanan terbaik untuk pelayanan dasar di Puskesmas selain kekurangan dokter, Kata Alias Pihaknya masih kekurangan ambulans yang memadai yang berada di puskesmas pasalnya saat ini ambulans yang ada di puskesmas masih satu paket dengan Puskesmas keliling yang biasa digunakan untuk kendaraan operasional kepala Puskesmas.

“Kita Butuh Ambulans sekitar 10 tapi karena anggaran kita minim jadi pengadaanya tahun ini satu atau dua ambulance saja nanti diperubahan kami minta lagi, karena saat ini ada ambulan tapi itu juga ambulans untuk mengangkut pasien itu juga puskesmas keliling yang digunakan memberikan pelayanan pada masyarakat, seharusnya antar ambulance dan puskesmas keliling itu beda,”Pungkasnya.(ARM)

Komentar