Kolaka Utara Mulai Pembibitan Talas Jepang Yang Merupakan Tanaman Sela Komoditi Ekspor

Usai mengelar sosilisasi revitalisasi Kakao di 15 Kecamatan Bupati Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar bersama pasangannya H.Abbas mulai merealisasikan program ekonomi kerakyatan dengan mulai melakukan pembibitan talas jepang yang menjadi salah satu komiditi ekspor.

Talas jepang merupakan salah satu tanaman sela yang akan di kembangkan di wilayah otoritasnya, rencananya lokasi pembibitan talas jepang kurang 5 Hektar yang berada di ibu kota kabupaten yakni Kecamatan Lasusua, saat ini Bupati bersama wakilnya rutin memantau lokasi pembibitan, setiap waktu senggannya selalu digunakan untuk melihat langsung progres dari programnya itu.

Usai pembibitan bibit talas jepang di Lasusua akan di kembangkan di kecamatan lain yang sesui dengan kultur tanah yang cocok dengan talas jepang,”kita melakukan pembibiitan di sini (red:Lasusua) kemudian nanti akan di kembangkan di daerah lain,”ujar Bupati Kolaka Utara Drs.Nur Rahman Umar.

Talas jepang yang merupakan tanaman sela pertama yang kembangkan di Bumi Patampanua pasalnya tanaman tersebut merupakan makanan pokok masyarakat di bagian Korea dan jepang dan saat ini sudah ada perusahaan yang siap untuk membeli talas jepang,” Untuk pengadaan bibit talas jepang berasal dari dana CSR bank,”Katanya.
Diapun menambahkan dirinya saat ini tengah gencar mencari pasar untuk tanaman sela lain yang nantinya akan di kembangkan oleh masyarakat, “kalau belum ada intruksi dari saya jangan dulu menanam, tunggu instruksi saja karena saat ini yang siap pasarnya baru talas jepang, jagung dan padi gogo,”Tandasnya.

Komentar