28.1 C
Kendari
Minggu, 25 Februari 2024

Kolaka Utara Raih 10 Miliar Dana Fiskal Berkat Keberhasilan Kendalikan Inflasi

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Kabupaten Kolaka Utara meraih tambahan dana fiskal senilai 10 miliar rupiah sebagai pengakuan atas keberhasilannya dalam mengendalikan laju inflasi. Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taupik,S menyambut baik peningkatan alokasi dana tersebut yang akan digunakan untuk mengakselerasi pembangunan di berbagai sektor vital.

Peningkatan alokasi dana fiskal sebesar 10 miliar rupiah ini merupakan hasil dari komitmen pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam menjalankan kebijakan yang berhasil menahan laju inflasi. Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan stabilitas ekonomi yang baik di tingkat lokal, tetapi juga menandai upaya serius untuk menjaga daya beli masyarakat dan memperkuat sektor-sektor ekonomi yang strategis.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara menyatakan, “Kami bersyukur atas peningkatan dana fiskal yang diperoleh berkat upaya keras dalam mengendalikan inflasi. Dana tambahan ini akan kami alokasikan dengan bijak untuk mendukung pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.”Katanya.

Diapun menambahkan bahwa rincian alokasi insentif fiskal kinerja tahun berjalan untuk kelompok kategori kinerja dalam rangka pengendalian inflasi pada tahun anggaran 2023 periode kedua, berdasarkan data dari sumber keputusan Menteri Keuangan nomor 336 tahun 2023 bahwa Kolaka Utara masuk di urutan 12 dari 30 Kabupaten di Indonesia yang mendapatkan insentif fiskal dengan nilai Rp. 10.384.348.000.

“Alhamdulillah ini adalah pencapaian luar bisaa, dan kerja sama tim termasuk TPID dan OPD dan support dari masyarakat Kolaka Utara, kami mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan mampu memberikan manfaat nyata bagi semua warga Kolaka Utara,”Harapnya.

Dana tersebut kata Sekretariat daerah Kabupaten Kolaka Utara akan di peruntukan untuk Pengendalian inflasi, pengadaan bibit, dan perbaikan usaha tani adalah prioritas. Dukungan juga diberikan untuk penanggulangan stunting melalui pemberian makanan tambahan dan perbaikan gizi. Adanya bantuan sosial (bansos) memperkuat upaya penurunan kemiskinan. Selain itu, fokus pada peningkatan investasi dengan konsultasi bersama Dirjen Keuangan.
“Untuk Peningkatan investasi, kita akan konsultasi Dirjen keuangan dulu , khusus peningkatan investasi bentuknya seperti apa nantinya,”Katanya.

Diapun menyatakan bahwa Penjabat Bupati Kolaka Utara sangat mengapresiasi pemerintah pusat atas pemberian dana insentif fiskal tahun 2023. Hal ini memperlihatkan penghargaan terhadap upaya Pemerintah Daerah dalam mengendalikan inflasi dan menanggulangi stunting. “Bapak Penjabat Bupati juga mendorong seluruh perangkat daerah untuk lebih meningkatkan kinerjanya, terutama dalam penanganan stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem,” harapnya.

Sekedar untuk diketahui Dalam konteks ekonomi, “fiskal” terkait dengan kebijakan atau tindakan pemerintah yang terkait dengan pengelolaan pendapatan, pengeluaran, dan utang negara. Fiskal mencakup pengaturan dan pengelolaan anggaran, pajak, dan pengeluaran pemerintah untuk mencapai tujuan ekonomi tertentu.

Secara lebih spesifik, “dana fiskal” mengacu pada dana atau sumber daya keuangan yang dikendalikan oleh pemerintah, baik melalui penerimaan pajak, dana publik, maupun peminjaman untuk mendukung kebijakan ekonomi, sosial, dan pembangunan yang telah ditetapkan. Dana fiskal digunakan untuk membiayai program-program pemerintah, proyek infrastruktur, layanan publik, subsidi, dan segala kegiatan yang direncanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi suatu negara atau daerah. Dengan kata lain, dana fiskal adalah aspek penting dari manajemen keuangan pemerintah untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dalam kebijakan ekonomi dan sosial.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Safari Jumat di Desa Torotuo

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, melanjutkan serangkaian kegiatan safari Jumat dengan mengunjungi Desa Torotuo,...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img