Kolaka Utara Sabet Juara Umum Festival Qasidah Tingkat Provinsi 2017

Kolaka Utara patut berbangga hati, pasalnya selain menjadi tuan rumah pelaksana kegiatan yang sukses digelar untuk pertamakalinya, hadiah terindah diperoleh menjadi tuan rumah karena berhasil menjadi juara umum pada kegitan Festival Seni Qasidah Bersakala Besar I tingkat provinsi Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan selama Empat hari (10-14/5) mengalahkan 14 rivalnya dari Kabupaten dan Kota di Sulawesi tenggara yang ikut berkompetisi.

Kolaka Utara berhasil menjadi juara umum pada Festival Seni Qasidah berskala Besar I tingkat provinsi Sulawesi Tenggara karena berhasil mengumpulakan nilai terbanyak dan mengumpulkan Tiga Medali Emas, Dua Perunggu dan Empat Perak.

Pemenang dalam empat lomba yang digelar festival tersebut yakni Lomba Bintang Vokalis tingkat anak-anak Putra Juara pertama kabupaten Kolaka Utara, Anak-Anak Putri Juara Pertama kabupaten Wakatobi, Bintang Vokalis Remaja Putra Juara Pertama Kota Bau-bau, Bintang Vokalis Remaja Putri Kolaka Utara, Bintang Vokalis Tingkat Dewasa Putra Kabupaten Konawe Kepulauan, Bintang Vokalis Tingkat Dewasa Putri Kota Kendari.

Qasidah Klasik Remaja Putra Kabupaten Kolaka Utara, Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Konawe, Qasidah Klasik Dewasa Putra Kota Kendari, Qasidah Klasik Dewasa Putri Kota Bau-bau,Lomba Fashion show terbaik anak-anak Putra Kabupaten Kolaka Utara, Terbaik Putri Kolaka Utara, fashion Terbaik Remaja Putra Kabupaten Konawe, Terbaik Putri Kabupaten Kolaka Utara, Fashion Show Dewasa Putra Buton Utara, Terbaik Putri Kolaka Utara.

Pawai Ta’ruf Juara pertama Konawe Utara, Juara II Kabupaten Kolaka Utara, Juara III Kafilah Kabupaten Wakatobi, Harapan I Kafilah kabupaten Buton tengah,harapan II Buton Utara, harapan III kabupaten Bombana.

Para kontestan yang berhasil menjadi Juara Satu pada setiap perlombaan akan mewakili Sulawesi tenggara dalam Festival Seni Qasidah tingkat Nasional di Padang, Diharapakan Bupati Kolaka Utara melalui Asisten III Sekda Kolaka Utara Azhar,SH bahwa dalam event yang barus saja digelar tersebut telah melahirkan para jawara yang akan mewakili Bumi anao pada ajang tingkat nasional, sehingga untuk anggaran para peserta yanag bertanding tersebut dianggarkan oleh pemerintah Provinsi.

“kami mengharapkan bahwa siapaun pemenangnya akan mewakili Sultra untuk jenjang lebih tinggi yaitu Lasqi tingkat nasional di Padang Sumatra Utara dan itu membutuhkan pendanaan dan sebaiknya juga di dukung pemerintah Sultra,”harapnya.

Diapun berterimakasih pasalanya Kolaka Utara telah diberi mandate sebagai tuan rumah dalam kegiatan tersebut, dan ucapan maaf diucapkan jika dalam pelasanaaan ada kekurangan baik mulai dari penjemputan hingga kepulangan para kafilah di daerah masing-masing.”bila terdapat kekurang terkait dengan palayanan kami, atas nama Pemda dan masyarakat kami mohon maaf,”katanya.

Sementara itu Sekretaris Lasqi provinsi Sultra Hj,Masyura Illa Ladamaimenyatakan bahwa penyelanggaraan Festival Seni Qasidah Berskala Tingkat provisnsi Sultra Sukses di laksanakan di Bumi Patampanua, pasalnya kerja sama yang baik antara, Tuan Rumah, Panitia dan peserta Lasqi dari kabupaten Kota di Sultra menjadi tolak ukur suksesnya kegiatan tersebut.

“Apresiasi Kami pada Pantia, penyelenggara dan Lasqi-lasqi dari Kabupaten dan kota perkembangan Lasqi sangat pesat, dan melalui kegiatan ini Lasqi berhasil memisahkan diri dari kegiatan MTQ, dan melalui kegiatan ini Sudah ada Kabupaten yang bersedia menjadi tuan Rumah Festival Seni Qasidah bersakala besar dua tahun kedepan,”Katanya.(**)

Komentar