Kolaka Utara Segera Miliki Alat PCR Swab Tes Covid-19

Kolaka Utara saat ini telah ditetapkan sebagai Dearah Zona Merah Pandemi Covid-19. Sebagai salah satu upaya untuk mempercepat deteksi virus ini, Pemda Kolaka Utara dalam waktu dekat akan menyiapkan satu unit PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mempercepat proses Swab tes.

“Kami berusaha melakukan upaya-upaya penelusuran, pendekatan dan ketika secara regulasi tidak ada masalah tidak ada hambatan, dari segi financial tidak ada hambatan, pengadaan ada dan barangnya tersedia, mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama Kolaka Utara juga sudah memiliki Alat PCR untuk pemeriksaan Swab,”Ujar Juru Bicara Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kolaka Utara dr.Syarif Nur,S.PoG.

Diapun menambahkan bahwa anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan alat tersebut kurang lebih Dua Milyar Rupiah, dengan adanya alat tersebut dapat lebih fleksibel lagi sehingga pemeriksaan swab bisa dilakukan di Bumi Patowanua dan hasilnyapun tidak memerlukan waktu yang lama seperti saat ini.

“Estimasinya itu kurang lebih Dua Milyar itu bukan hanya PCR tapi banyak kelengkapannya, tapi kita juga memerlukan perizinan dari kementerian Kesehatan, Dinas kesehatan provinsi dan Kabupaten. Komukasi kami dengan bapak Bupati sebagai Ketua Gugus Tugas sangat merespon dan sangat proaktif memerikan masukan kepada kami untuk segera mangadakan alat tersebut,”Katanya.

Pihaknya pun menyatakan bahwa saat ini Kolaka Utara sudah bisa melakukan swab tes sendiri namun sampel tersebut masih harus dikirim ke Kendari dan kendari mengerim ke Laboratorium kesehatan di Makasaar, sekitar pekan depan juga Pemerintah provinsi mengadakan alat PCR.

“kurang lebih seminggu kita menggu hasil swab, jadi dengan adanya alat PCR di Kolaka Utara maka kita akan memotong kendali pelayananauntuk akselarasi dan percepatan pelayanan pada pasien-pasien kita, jika alat ini sudah kita tidak perlu mengisolasi banyak orang, kalau ada pasien riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi bisa langsung swab dua atau Tuga jam hasilnya sudah keluar kalau negative tidak perlu isolasi mandiri lagi dan menunggu hasil sampai satu minggu,”Tandasnya.

Saat ini 6 orang penduduk Kolaka Utara tengah dinyatakan positif Covid-19 Satu orang telah sembuh,dua dirawat di Rumah Sakit Bahteramas Kendari sementara tiga lainnyadi rawat di Rumah Sakit Djafar Harun Kolaka Utara.


Penulis : Sulaeha,S.Sos
Penyunting : Andi Taslim

Komentar