Kolaka Utara Siap Jadi Tuan Rumah Festival Qasida

Perhelatan akbar fetival qasidah atau Lasqi tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara akan digelar di Kolaka Utara. Dalam perhelatan yang digelar setiap tahunnya, tahun ini Kolaka Utara mendapat kesempatab sebagai tuan rumah perhelatan kegiatan religi ini selama lima hari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Iskandar, Selasa (2/5) saat menggelar rapat pemantapan panitia Lasqi di Aula Gedung Bupati Kolaka Utara menyatakan bahwa saat ini selaku tuan rumah Kolaka Utara tengah berbenah untuk menyambut tamu agung dari 16 kabupaten/kota se sulawesi tenggara untuk ikut berkompetisi dibidang Qasidah Rabbana.

Setiap kelompok SKPD akan mendampingi 1 kabupaten dan mempersiapkan rumah serta dua unit kendaraan masing-masing kabupaten, katanya.

Kegiatan akan dimulai pada 8 Mei hingga 14 Mei 2017 yang dimulai dengan penjemputan pada tanggal 8 Mei kemudian dilanjutkan dengan pawai Taruf yang digelar pada tanggal 9 malam di Alun-Alun Kota Lasusua.

Untuk data sementara dari 16 kabupaten yang akan ikut lomba Lasqi di Kolaka Utara tersisa Kabupaten Kolaka Timur yang belum ada konfirmasi terkait keikutsertaannya dalam lomba Lasqi tingkat kabupaten ini, 15 kabupaten lain sudah pasti ikut dengan jumlah sementara peserta yang akan hadir kurang lebih 800 orang di luar peserta dari Kolaka Utara, terangnya.

Dalam Lasqi kali ini ada dua item pertandingan yang akan dihelat yakni Qasidah Rabbana klasik pesertanya terdiri dari remaja dan dewasa yang terdiri dari peserta putra-putri. Sementara untuk lomba bintang vokalis diikuti oleh peserta tingkat anak-anak, remaja dan dewasa pesertanya terdiri dari putra dan putri.

Kita harapkan Kolaka Utara bisa menjadi tuan rumah yang baik dan memberikan pelayanan terbaik, sehingga para tamu dapat puas dengan pelayanan yang kita berikan serta kita sangat berharap Kolaka Utara sukses serta aman dan lancar dalam melaksanakan Lasqi tingkat Provinsi Sultra, tandasnya.

Komentar