Kolaka Utara Siap Persembahkan Swasti Saba Wiwerda

Kamis (22/8) Kabupaten Kolaka Utara resmi untuk dinilai untuk ajang Kabupeten Sehat, Setelah lolos dalam verifikasi Dokumen Tim Penilai kabupeten Sehat akhirnya menilai dan melakukan verifikasi Lapangan dengan menilai Empat tatanan dan berbagai Lokus penilain di 12 Kecamatan di Bumi Patampanua.


Tahun 2015 Silam Kolaka Utara berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Padapa dengan Dua Tatanan, meski sebelumnya pernah gagal di tahun 2017 lalu, namun kini kegagalan tersebut membuat Kolaka Utara optimis untuk kembali untuk mempersembhakan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda dengan empat tatanan yaitu:

  1. Tatanan masyarakat Sehat Yang Mandiri
  2. Tatanan kawasan pemukiman Sarana dan Prasarana Umum
  3. Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi dan
  4. Tatanan Pariwisata Sehat

“tahap Verfikasi tahun 2017 kami tidak lolos dan tahun 2019 ini, kita lolos verifikasi dan kita memilih 12 kecamatan lokus dengan mengeliminir Tiga Kecamatan terjauh, dan tahun ini empat tatanan yang akan diverifikasi Lapangan,”ujar Kepla Bappeda Kabupetn Kolaka Utara Ihwan saat Pemaparan Kabupetan Sehat.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dalam mempersiapkan Kabupeten Sehat baik dari Forum kabupeten Sehat, Tim Pembina Kabupen Sehat,OPD terkait saling bahu-membahu untuk mewujudkan Kolaka Utara sebagai Kabupeten Sehat. ”Bulan Maret dokumen mulai di usulkan dan kita lolos dan kita sudah sampai pada tahapan verifikasi lapangan dan setelah acara ini masih ada acara selanjutnya yaitu penerimaan penghargaan Kabupaten Sehat, dan kita berharap nama Kita Kolaka Utara ada dalam deretan penerima penghargaan Kabupaten sehat”harapnya.

Sementara itu diungkapkan Ketua Tim verifikasi lapangan Kabupeten Sehat Aris Munandar bahwa Bulan Juli Lalu Dokumen Kabupaten sehat Kolaka Utara di bedah dalam kegiatan Bedah Dokumen dan tahun  2019 ini Kolaka Utara lolos bedah Dokumen dan kita melakukan  verifikasi lapangan tujuanya untuk menyusaikan dan melihat konsistensi dokumen yang dikirim atau tidak.

“Ada Tiga harapan yang kami ingin lihat, apakah sesuai dengan dokumen, tidak sesuai dokumen atau ada klarifikasi tambahan ada tambahan-tambahan dokumen yang dianggap urgent bisa kami bawa, tuturnya.

Selama Dua hari Tim verifikasi lapangan kabupaten sehat didampingi Tim Dari Provinsi juga ikut serta melihat dan menilai beberapa lokus penilaian yakni, Sekeretariat Kabupaten Sehat, Sekretariat Forum Kabupaten Sehat, Hutan Kota, kantor Satpol PP, Pasar lacaria lasusua, Pemukiman Nelayan Pitulua, SD Min Lasusua, Puskesmas lasusua dan beberapa Lokus lainnya.

Komentar