Kolaka Utara Sukses Menggelar Festival Kuliner 2018

17 November kemarin, Kolaka Utara Sukses menggelar Festival Kuliner. Ratusan menu makanan ikut diperlombakan, mulai dari Menu makanan non beras, makanan nusantara, dan Camilan-camilan. Pada penyelenggaraan festival kuliner ini kunjungan masyarakat tumpah ruah menyaksikan acara wisata tahunan itu, ada yang sekedar ingin mencicipi menu gratis yang disiapkan pemda hingga berbelaja di bazaar makanan dan dihibur langsung oleh artis Ibu Kota Yoda Idol.

Dalam Festival Kuliner Kategori Makanan Non beras Tingkat OPD  Juara Satu diraih Dinas Tenaga Kerja, Juara II Dinas ketahanan Pangan, Juara III Dinas Perindustrian, Juara Harapan I Dinas Pendidikan, Juara Harapan II Dinas Balitbang dan Juara harapan III Kesbang.

Kategori Lomba Makanan Non Beras Tingkat Kecamatan Juara I Kecamatan Ngapa, Juara II Kecamatan Watunohu, Juara III Kecamatan Batu Putih, Juara Harapan I Kecamatan Lasusua, Juara harapan II Kecamatan Porehu.

Dewan Juri dari Ikaboga Provinsi Sulawesi Tenggara Menilai kuliner yang disajikan para peserta

Kategori makanan Nusantara Juara 1 Hasrianda, Juara II Pondok Bambu, Juara III Mustaqim mansyur, Karegori Camilan Juara 1 Mutmainnah, Juara II Ummi Bakery and Cake, Juara III Kedai 27, Untuk Juara kategori Cita rasa dan Aroma dimenangkan oleh Dinas Perikanan dan juara kategori penampilan terbaik di raih oleh Dinas Kearsipan.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Muhammad Idris bahwa dengan festival kuliner yang digelar diKolaka Utara tersebut akan kembali menggeliatkan dan mengembangkankuliner-kuliner tradisional yang sudah mulai terlupakan dan tergantikan kuliner-kuliner modern saat ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kolaka Utara, Bapak Muhammad Idris menyerahkan Piala Kepada Pemenang Lomba Kuliner

“Kuliner tradisiional saat ini sangat jarang kita temui dan melalui ajang ini kita Kita bisa mengembangkan kuliner-kuliner tradisonal,Mudah-mudahan dengan Festival seperti ini itu bisa memberi nilai tambah dan meningkatkan perekonomian KolakaUtara,”harapnya.

Sementra itu dikatakan Bupati Kolaka Utara Melalui Setda Kolaka Utara Drs. Ashar bahwa devisanegara banyak dipengaruhi oleh sektor pariwisata saat ini, pemerintah Kolaka utarajuga terus menggenjot pembangunan di sektor pariwisata melalui pengemabnagandestinasi wisata, peningkatan objek pariwisata serta promosi wisata melalu ievent-event yang sifatnya startegis.

“Salah satu event yang sifatnya strategis untuk promosi wisata adalah festival Kuliner dan sudah menjadi agenda tahunan dan masuk dalam kalender pariwisata,”tururnya.

Keputusan memilih wisata Kuliner kata dia adalah salah satu fokus pariwisata yang tidak terlepas dari akomodasi dan kuliner, “melalui festival ini kita dapat mengeksploitasi potensi kuliner yang ada dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, mindset kita harus dirubah kuliner harus dijadikan sebuah destinasi,”Katanya.

Dengan digelarnya festival kuliner maka akan tercipta kreasi-kreasi kuliner yang bercita rasa global tapi tidak menghilangkan identitas dan cirri khas lokal, ”identitas lokal dan ciri khasnya akan menjadi daya tarik tersendiri bagipara wisatawan untuk datang berkunjung untuk berwisata kuliner,” tandasnya.

Komentar