25 C
Kendari
Kamis, 28 Maret 2024

Komisioner KPU & jajaran Sekretariat KPU Kolaka Utara Lakukan Pencocokan dan penelitian (coklit) Serentak

Penting Dibaca
KPU Kolaka Utara
KPU Kolaka Utara
Komisi Pemiliha Umum Kabupaten Kolaka Utara Sulawesi Tenggara

Seluruh Komisioner KPU dan jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Kolaka Utara pada 20/01/2018 lalu melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak di seluruh indonesia yang melakukan pemilihan serentak pada tanggal 27 juni tahun 2018.

Sebelum melakukan pencoklitan, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terlebih dahulu melakukan briefing untuk mengarahkan kesiapan dan kebutuhan dari para PPDP ditiap wilayah kecamatan di kabupaten kolaka utara. Target pertama yang dilakukan dalam coklit perdana ini yakni lebih mengutamakan public figure di daerah wilayah masing-masing PPDP. Untuk di ibukota kabupaten, lasusua. PPDP beserta PPK dan didampingi oleh ketua KPU Kabupaten Kolaka Utara, Asriadi Budiwan dan salah seorang komisioner provinsi Sulawesi Tenggara Andi Sahibuddin. Mendatangi rumah H. Nur Rahman yakni Bupati Kolaka Utara dalam pencoklitan perdana serentak ini.

Ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya yaitu; tiap PPDP melakukan coklit sebanyak 5 rumah serta teknis mencoklit dengan menyiapkan Model A (model A-KWK, Model A-A2, Model A-A1, Model AA, dan model A3).

Para tim komisioner dan sekretariat KPU Kabupaten Kolaka yang turun kelapangan mendampingi dan melakukan dokumentasi para PPDP dalam melakukan pencoklitan sebagai bahan laporan ke KPU provinsi Sulawesi Tenggara untuk selanjutnya ke KPU RI.

Dengan sosialisasi coklit serentak ini bertujuan agar mampu mewujudkan kerja sungguh-sungguh dari para PPDP untuk mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan benar. Mencatat yang harus dicatat. Mencoret yang harus dicoret. Jadi tidak ada lagi petugas PPDP hanya dari belakang meja, dan tidak betul-betul datang ke rumah. Bukan karena merasa sudah hapal dengan data warga pemilih, lantas melakukan coklit hanya berdasarkan perkiraan.

Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) di himbau untuk melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) secara benar dan sungguh-sungguh.

Pada coklit serentak ini PPDP tidak hanya melakukan pemutakhiran data pemilih di wilayah perkotaan saja. PPDP juga harus melakukan pemutakhiran data di wilayah-wilayah terisolir sebelum pemilu dilaksanakan.

Setelah KPU melakukan Coklit Serentak pada tanggal 20 Januari 2018, para petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mulai melanjutkan pemutakhiran data pemilih hingga batas waktu pencoklitan

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img