Kunjungan Kerja Ketua Dekranasda Sultra Agista ariany Ali Mazi ke Kolaka Utara, Ini Pesannya

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara Agista Ali Mazi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kolaka Utara, pada kunjungan kerjanya tersebut dia berharap kekayaan alam yang dimiliki Kolaka Utara yang merupakan wilayah paling ujung utara di Sulawesi Tenggara tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

“kita harus menggali potensi daerah kita, karena kita sangat kaya dengan kekayaan alam, kita harus pandai mencari apa keunggulan daerah sehingga itu bisa dituangkan menjadi motif baju adat atau dibuat dalam tari-tarian khas daerah,”Katanya.

Dia Pun berharap potensi Sumber Daya Manusia (SDM) daerah dapat dimanfaatkan dengan baik seperti membuat sayembara desain motif daerah, sehingga muncul desainer mudah daerah, kemudian menyekolahkan yang memiliki bakat menenun atau membatik keluar daerah, sehingga kita bisa membatik dan menenun di daerah sendiri.“Kalau kita membawa hasil desain kita keluar daerah, bisa-bisa hasil karya kita dijiplak, dan dijadikan motif daerah lain,”Katanya.

Sementara itu dikatakan Ketua Dekranas Kolaka Utara Dra.H.A. Nurhayani Nurrahman Umar bahwa baru sekitar Dua tahun ini Kolaka Utara memiliki motif pakaian adat sendiri, pasalnya sebelumnya masih menggunakan pakaian adat Tolaki dan Mekongga.

“Pakaian adat yang ada sekarang baru kami rancang kurang lebih Dua tahun, akhirnya kami buat sendiri motif yaitu motif Kodeoha untuk sementara baru satu motif dan kami sudah mencoba untuk mengusulkan HAKI dan kami mencoba membuat dalam bentuk sutera dan tahun depan kami rencana membuat dalam bentuk batik,”Ujarnya.

Dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut di rujab Bupati Kolaka Utara Istri Gubernur Sulawesi Tenggara tersebut didampingi Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman Umar beserta Kepala OPD dan pengurus dekranas. (L)

Komentar