30.4 C
Kendari
Kamis, 29 Februari 2024

Badai La Nina Pengaruhi Cuaca Di Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Saat ini kondisi cuaca khusus wilayah Kabupaten Kolaka Utara mengalami perubahan dari sebelumnya, hal ini di pengaruhi badai La nina yang mengakibatkan kemarau basah sepanjang tahun.

Seperti yang diungkapkan Prakirawan BMKG Kolaka Rayi Putri bahwa kondisi cuaca saat ini dipengaruhi Lanina yan harusnnya saat ini memasuki musim kemarau, namun kini masih terjadi hujan.

“Untuk perkiraan cuaca dari Juni sampai Desember ini harusnya sudah masuk kemarau, tapi karena La Nina sehingga terjadi kemarau basah, prediksi masuk Kemarau pada bulan Agustus,”Tuturnya.

Kondisi cuaca juga saat ini tengah konvergensi yakni pertumbuhan awan yang sangat cepat sehingga terjadi curah hujan tinggi yang dapat mengakibatkan bencana alam.”perubahan cuaca yang cepat dari panas ke hujan itu bisa menyebabkan angin puting beliung juga,”Katanya.

Kunjungan BMKG di Kolaka Utara yakni melakukan Kegiatan sosialisasi dengan BPBD dan Kominfo kolaka utara, sehingga bisa melakukan komunikasi dengan baik terkait bencana alam yang adaa di Kolaka Utara, “Kegiatan ini ada sosialisasi dengan BPBD dan BMKG agar terjalin komunikasi dengan baik jika terjadi bencana alam sehingga membuat analisa cuaca, seperti curah hujan tinggi, banjir dan lain-lain,”Tandasnya.


Pengetahuan

La Nina adalah fenomena yang berkebalikan dengan El Nino. Ketika La Nina terjadi, Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya. Pendinginan SML ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum. El Nino sendiri adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum. Sumber BMKG

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Jelang Ramadhan, Penjabat Bupati Kolaka Utara Bersama Forkopimda Gelar Operasi Pasar

Rabu (28/2), Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, MSP, MA, bersama Forkopimda dan Kepala OPD, menggelar operasi pasar di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img